Peringatan WCD : Menuju Magetan Smart, Bebas Sampah, Selalu Terdepan

Peringatan WCD : Menuju Magetan Smart, Bebas Sampah, Selalu Terdepan

Beritatrends, Magetan – Dunia telah memperingati hari bersih-bersih serentak yang terkenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD) pada 17 September kemarin.

Pada 17 September tahun 2022 ini, World Cleanup Day (WCD) bakal diperingati dengan aksi bersih-bersih serentak di 191 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, aksi bersih-bersih serentak untuk memperingati World Cleanup Day (WCD) 2022 tidak digelar pada 17 September saja, namun gerakan dari mulai 10-25 September 2022.

Sedangkan di Kabupaten Magetan dilaksanakan di Sekretariat Bank Sampah Malang Asri, Desa Malang Kecamatan Maospati, Peringatan Hari Resik – Resik Dunia/WCD Indonesia Kabupaten Magetan tahun 2022 dengan tema Menuju Magetan Smart, Bebas Sampah, Selalu Terdepan, Minggu (25/9/2022).

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, kegiatan World Dleandup Day hari ini merupakan sebuah upaya dari temen-temen penggiat, bagaimana sampah di Magetan ini bisa tertangani dengan baik.

Pihaknya selaku Bupati sudah menginstruksikan pengelolaan sampah harus selesai didesa, Desa Malang ini sudah melakukan kegiatan-kegiatan semacam ini secara nyata, malahan juga ada lomba antara RT, pemenangnya, tentu ini akan mendorong RT yang lain yang belum dapat penghargaan akan lebih berusaha.

 

Ini merupakan sebuah wujud realisasi dari upaya untuk Magetan lebih bersih, dalam pengelolaan sampah lebih baik, harapan kedepannya masyarakat bisa mengelola sampahnya mulai dari rumah tangga jangan hanya dibebankan kepada penggiat sampah, pengelola sampah, tapi mulai dari rumah tangga harus mulai di bina.

“Kita semua harus mengurangi sampah, dan kalau bisa setiap rumah tangga juga mengelola sampah utama yang organik, bisa di kelola sendiri jadi pupuk, untuk tanaman-tanaman disekitar kebunnya,”pungkas Suprawoto.

Pos terkait