Peringati Hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hardiknas Tahun 2023

Peringati Hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hardiknas Tahun 2023 Bertemakan : Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul dan Bergerak Bersama Sematakan Merdeka Belajar

Beritatrends, Rohil – Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 27 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diselenggarakan di lapangan Taman Budaya, KM 6 Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Upacara dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Dinas, Kepala Upika, Guru, Pengurus Organisasi dan Aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Rohil.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 di tahun 2023 ini mengangkat tema Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul dan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan Pemimpin Upacara, Camat Bangko, Aspri Mulya, SSTP

Di Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 ini Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengajak untuk membangkitkan semangat berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, baik melalui pembangunan infrastuktur dan juga peningkatan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

Selain itu, peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan juga diupayakan melalui keserasian hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah hingga ke masyarakat sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik.

“Tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian  kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal  dengan menggali berbagai potensi sumber daya  yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” kata Afrizal seperti membacakan Pidato Mendagri.

Lebih lanjut mantan legislator Partai Golkar ini mengatakan otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya  angka Indek Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah dan kemampuan fiskal daerah.

Disamping itu, Bupati juga membacakan amanat Mendikbud yang menyebutkan bahwa selama tiga tahun terakhir perubahan sudah terjadi dari ujung Barat sampai ujung Timur.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar telah diluncurkan membawa kita semakin dekat cita cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Pos terkait