Peringati Hari Sumpah Pemuda, Peserta Pelajar Pakai Baju Adat

Upacara Hari Sumpah Pemuda, Peserta Pelajar Pakai Baju Adat

Beritatrends, Magetan – Peringati hari sumpah pemuda Ke 94 Tahun 2022, pelajar SMA/SMK dan SMP melaksanakan upacara bendera mengenakan pakaian adat.

Hal ini dilakukan saat mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, di Halaman Kantor Setdakab Magetan, Jum’at (28/10/2022) pagi.

Adapun yang mereka pakai, seperti adat Lampung, Adat Jawa, Adat Bali dan adat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Magetan, Dra.Hj.Nanik Endang Rusminiarti, sebagai pembina upacara dan diikuti peserta upacara gabungan, dari Pemkab Magetan, Kodim 0804 Magetan, Secata Rindam V/Brawijaya Magetan, TNI-AU Lanud Iswahjudi, Polres Magetan, Satpol PP Kab Magetan, Dishub, ASN, dan pelajar.

Dalam amanatnya, Dra.Hj.Nanik Endang Rusminiarti menyampaikan, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia.

Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.

“Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan,” kata Wabub Magetan.

Baca Juga  Visual Art Rangkaian Festival Gubernur Suryo di Magetan

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” pungkasnya.

Pos terkait