Permainan Tradisional Engklak Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Pada Anak Usia Dini

Beritatrends, Lampung Timur – TK DHARMA BAKTI. Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.memperkenalkan permainan tradisional Engklak Huruf, untuk meningkatkan kemampuan mengenal Lambang  Huruf pada Anak-anak Usia Dini.Desember 24,2023

pendidikan Anak usia, Dini adalah jenjang pendidikan sebelum Pendidikan Dasar.yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi Anak-anak sejak lahir,sampai sampai dengan Usia Enam Tahun.pendidikan ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan memasuki pendidikan lebih lanjut.yang diselenggarakan pada jalur Formal.

Salah satu tokoh pendidikan Anak usia dini. Marin Montessori mendefinisikan pendidikan Anak Usia Dini sebagai sebuah proses Dinamis dimana Anak – anak berkembang menurut Ketentuan-ketentuan dalam diri kehidupan mereka. Dengan kerja sukarela mereka ketika  ditempatkan dalam sebuah lingkungan yang disiapkan untuk memberi mereka kebebasan dalam ekpresi diri.

Perkembangan Anak usia dini.Periodisasi perkembangan Anak dan pendidikan nya.Montessori membagi Periode perkembangan Anak menjadi Tiga tahapan yaitu,Tahap 1 :0 -6 tahun ( otak penyadap),Tahap II : 6 -12 tahun ( masa Kanak- kanak),Tahap III :12 -18 tahun(masa remaja)

Permainan merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh Anak – anak.Banyak jenis permainan yang sering kali di mainkan oleh Anak -anak, pada umum nya, permainan memiliki 2 jenis yaitu permainan modern dan permainan tradisional.

Dewasa ini permainan tradisional yang merupakan satu dari sekian banyak warisan budaya bangsa mulai hilang dan lambat laun semakin tidak terdeteksi keberadaan nya akibat dari Globalisasi yang memunculkan permainan baru yang lebih janggih.permainan tradisional yang merupakan salah satu kearifan lokal bangsa yang saat ini mulai terkikis zaman mulai kembali dimunculkan dan sedang berusaha dipertahankan keberadaan nya.

Pengertian permainan Engklak.menurut Montolalu(2005:34) permainan Engklek dalam bahasa Jawa merupakan permainan tradisional Lompat -lompatan pada Bidang -bidang datar yang di gambarkan diatas tanah,dengan membuat gambar Kotak – kotak kemudian melompat menggunakan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikut nya.

Baca Juga  Stand Gebyar Inotek Turut Ramaikan Festival Kepang Si Emak

Adapun manfaat permainan Engklak tersebut untuk mengembangkan Kognitif,Anak Usia Dini,lebih mengenal simbol huruf yang mirip,mengenal Macam -macam warna,mencocokkan huruf dengan lambang bilangan,mengenal macam lambang huruf vokal dan konsonan.

Langkah-langkah bermain Engklak,pertama Guru terlebih dahulu menjelaskan cara bermain permainan Engklak,selanjutnya Guru mempersiapkan alat dan bahan permainan Engklak huruf,Anak terlebih dahulu melakukan hompimpa dan baris sesuai urutan,selanjut nya anak melempar Gaco dan menyebutkan lambang bilangan nama benda dan warna benda pada kotak mana Gaco tersebut jatuh,berikut nya anak melompati kotak Engklak dari kotak satu ke kotak berikutnya dengan kaki satu diangkat sambil menyebutkan lambang bilangan,nama benda dan warna benda yang sesuai pada kotak Engklak tersebut

Pos terkait