Peserta Pawai Obor Di Malam Taptu, Tradisi Menyambut HUT RI ke 77.

Bupati Rohil Afrizal Sintong saat melepas Taptu Tradisi menyambut HUT RI ke 77.

Beritatrends Rohil – Upacara Taptu dan Pawai Obor menjadi salah satu tradisi yang digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Tradisi ini dengan tujuan mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang.

Bupati Rohil Afrizal Sintong melepas secara resmi peserta pawai obor malam taptu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke- 77 tahun 2022 yang dipusatkan di halaman kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Selasa (16/8/2022) malam.

Peserta pawai obor terdiri dari pelajar gugus depan Pramuka Kabupaten Rokan Hilir, TNI/Polri dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Turut hadir Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi Sekda Rohil Fery H Parya, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Wadanramil 01 Bangko, Danposal Bagansiapiapi, perwakilan Polres Rohil, perwakilan Kejari Rohil dan beberapa unsur lainnya.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Rokan Hilir pawai obor saya nyatakan di lepas,” kata Bupati.

Dengan pelaksanaan pawai obor dan malam taptu lanjut Bupati, di harapkan akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin.

“Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Pada momentum Kemerdekaan RI ini mengambil tema “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, tema ini diambil dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi COVID-19.

Wabah COVID-19 menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat bagi rakyat Indonesia. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan baru.

Adapun rute pawai obor dimulai dari depan kantor BPKAD Merdeka menuju jalan perwira, Jalan riau, perdagangan, Sumatra menuju Jalan mawar dan finis kembali di depan kantor BPKAD.

Pos terkait