Pj. Bupati Landak Serahkan Bantuan Pangan untuk Desa Rawan Prioritas Dua

Serahkan Bantuan Pangan untuk Desa Rawan Prioritas Dua

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan menyerahkan secara simbolis bantuan pangan Kegiatan Penanganan Kerawanan Pangan untuk Desa Rawan Pangan Prioritas Dua yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (PPKP) Kabupaten Landak. Bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Jumat (14/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menjelaskan adanya peta ketahanan dan kerentanan pangan maka akan lebih mudah untuk membuat prioritas program, kebijakan dan kegiatan operasional untuk mengatasi masalah pangan di daerah/desa yang mengalami masalah kerentanan pangan.

“Keberhasilan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Landak beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa kerjasama pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengatasi masalah ketahanan pangan telah berlangsung dengan baik namun perlu ditingkatkan. Sehingga ke depan saya berharap pemerintah dan masyarakat benar-benar dapat berperan aktif secara bersama-sama dalam menciptakan ketahanan pangan,” tutur Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, beserta para Camat dan Kepala Desa yang senantiasa berperan aktif dan mengetahui secara langsung kondisi masyarakat terutama di wilayahnya masing-masing.

“Perkenankan juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan peta ketahanan dan kerentanan pangan Kabupaten Landak. Dengan adanya bantuan pangan untuk desa prioritas dua, diharapkan mampu untuk mengurangi kerawanan pangan masyarakat sehingga masyarakat mampu bergerak maju,” ucap Gutmen.

Pj. Bupati Landak itu juga mengajak semua pihak untuk senantiasa menciptakan ketahanan pangan di Kabupaten Landak.

“Karena dengan ketahanan pangan kita akan dapat mencetak sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas serta mampu mengakselerasikan pelaksanaan pembangunan untuk menuju masyarakat Kabupaten Landak yang mandiri, maju dan sejahtera,” jelas Gutmen.

Baca Juga  Kapolsek Tumijajar Bagikan Takjil Berbuka Puasa Kepada Warga yang Melintas

Tidak lupa Gutmen berpesan kepada para hadirin pada kegiatan tersebut agar tetap semangat dan produktif dalam melakukan pekerjaannya.

“Terutama bagi bapak ibu pelaku usaha tani diharapkan untuk tetap selalu menanam di sawah atau ladangnya agar kebutuhan pangan keluarga dapat terpenuhi. Semoga ini dapat bermanfaat untuk mewujudkan Kabupaten Landak yang mandiri, maju dan sejahtera,” tutup Gutmen.

Penerima bantuan pangan tersebut adalah sebanyak 13 desa rawan pangan prioritas dua yang terdiri dari Desa Bentiang Madomang, Desa Dange Aji, Desa Merayuh, Desa Nyari, Desa Tengon, Desa Tengue, Desa Gamang, Desa Temahar, Desa Angkanyar, Desa Sehe Lusur, Desa Berinang Mayun, Desa Lintah Betung, dan Desa Sungai Segak. Adapun bantuan yang diserahkan pada kegiatan ini sebanyak 1.300 paket bantuan pangan berupa beras lima kilogram minyak goreng satu liter, telur 10 butir, dan gula pasir satu kilogram.

Hadir saat penyerahan Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan SDA Setda Landak, Kepala Dinas terkait, para Camat, para Kades wilayah rawan pangan prioritas dua, dan para Kepala BPP.

 

Pos terkait