Polda Sumut Berhasil Selamatkan 157 Orang Korban Kasus TPPO

Selamatkan 157 Orang Korban Kasus TPPO

Beritatrends, Medan – Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Polda Sumatera Utara beserta Polres jajaran gencar melakukan pengungkapan kasus TPPO di Wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Tercatat mulai tanggal 6 Juni hingga 19 Juni 2023, Satgas TPPO Polda Sumut berhasil mengungkap 14 Kasus, 27 orang ditetapkan sebagai Tersangka dan 8 orang Tersangka masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) melanggar UU No 21 tahun 2007 tentang TPPO .

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, S.I.K., S.H. saat memberikan keterangan terkini pengungkapan Satgas TPPO di Mapoldasu, Selasa (20/06).

“Satgas TPPO Polda Sumut dan jajaran,dari tanggal 6 Juni sampai 19 Juni 2023 berhasil mengungkap 14 Kasus”, jelas Kombes Hadi.

Lanjut Kabid Humas Polda Sumut berhasil selamatkan sebanyak 157 orang korban TPPO, TPPO merupakan bentuk modern dari perbudakan dan salah satu perlakuan terburuk dari pelanggaran harkat dan martabat manusia. Selain perempuan, anak-anak juga menjadi kelompok yang rentan terhadap TPPO atau yang dikenal dengan istilah trafficking.

Dalam kesempatan ini, Hadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Ia meminta masyarakat memastikan apakah perusahaan penyalur tenaga kerja ini resmi, agar mendapatkan hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan, dan hukum.

Baca Juga  Camat Penawartama Diduga Kurang Tegas Panggil Kakam Bermasalah Ketua Barak Angkat Bicara

Pos terkait