Polres Magetan Apel Gelar Pasukan Gabungan Ops Lilin Semeru 2022

Polres Magetan lakukan apel gelar pasukan gabungan TNI Polri, instansi dan unsur terkait.

Beritatrends, Magetan – Kepolisian Resor Magetan menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ops Lilin Semeru 2022. yang serentak juga dilaksanakan jajaran Polri seluruh Indonesia,

Mengawali Ops Lilin Semeru 2022, Polres Magetan lakukan apel gelar pasukan gabungan TNI Polri, instansi dan unsur terkait,

Apel Gelar Pasukan dipimpin Kapolres Magetan, Dandim 0804 dan Sekda mewakili Bupati Magetan di halaman Mapolres Magetan.

Dalam sambutannya Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan SIK MSi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan merupakan operasi terpusat dan secara serentak digelar di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra kamtibmas lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres Magetan menambahkan jika Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian juga tempat-tempat wisata.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcar lantas.

“Operasi Lilin Semeru 2022 akan digelar selama 11 hari, mulai dari 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, dan dilanjutkan dengan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) dari tanggal 3 Januari hingga 9 Januari 2023,” Jelasnya.

Pada Operasi Lilin Semeru 2022 pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 ini kami siagakan sebanyak 280 personil gabungan mulai dari TNI Polri yang dibackup oleh Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Ormas keagamaan hingga para relawan lintas sektoral.

Kemudian ada 8 titik Pos, yang terdiri dari 3 pos pelayanan yaitu di telaga Sarangan dan terminal Maospati dan 5 pos pam mulai dari res area, stasiun hingga jalur perbatasan Magetan Karanganyar,” kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan usai gelar pasukan di halaman mapolres Magetan, Kamis (22/12/2022).

Kemudian Kapolres juga mengingatkan masyarakat pada libur Nataru tahun ini cuaca cukup ektrim diminta untuk hati hati, ancaman pohon tumbang dan tanah longsor bisa saja terjadi sewaktu waktu.

“Untuk itu kami di backup BPBD apabila ada gangguan pohon tumbang dan tanah longsor petugas BPBD selalu siap siaga mengatasi itu,” jelasnya.

Kapolres Magetan berharap, Operasi Lilin Semeru dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan kegiatan ibadah maupun berlibur.

Pos terkait