Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini di Kabupaten Magetan

Saat rapat koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah, di Ruang Rapat Ki Mageti Kantor Pemerintah Kabupaten Mageta Jalan Basuki Rahmat Timur, Kamis (23/9/2021)

Beritatrends, Magetan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Magetan mengadakan rapat Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah, di Ruang Rapat Ki Mageti Kantor Pemerintah Kabupaten Mageta Jalan Basuki Rahmat Timur, Kamis (23/9/2021)

Adapun agenda yang dibahas adalah Mewaspadai gangguan keamanan dan ketertiban terkait Otonomi, Daerah mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kerukunan Nasional serta keutuhan NKRI, perlu dilakukan upaya-upaya kewaspadaan dini oleh pemerintah. Upaya legitimasi yang dilakukan adalah merumuskan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah. peraturan ini tentunya dikaitkan dengan pentingnya menjaga negara dan bangsa dalam ranah masyarakat terutama dalam aspek preventif dalam menghadapi berbagai tantangan, hambatan dan gangguan kebangsaan.

Rapat dihadiri oleh Tim Kewaspadan Dini Pemerintah Daerah yang pimpin oleh Sekretaris Daerah Ir Hergunadi MT, mewakili Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Magetan Chanif Tri Wahyudi dalam sambutanya mengatakan, bahwa tim Kewaspadaan Dini Daerah ini merupakan pengganti Tim Kominda yang berfungsi membantu Pemerintah Daerah dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di daerah.

“Dalam rapat ini kita harapkan anggota tim dapat menyampaikan expose kesiapan mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban sesuai bidang masing-masing,”ujar Chanif.

Komandan Kodim 0804 Magetan Letkol Inf. Ismulyono Tri Widodo mengatakan, selaku pengawas dari Forum Tim kewaspadaan dini Kabupaten Magetan selalu mengingatkan mereka yang tergabung di kewaspadaan ini supaya memantau dilapangan baik ideologi politik ekonomi sosial budaya serta keamanan di Kabupaten Magetan ini secara bersinergi meningkatkan kerjasama antar instansi dan masyarakat di Kabupaten Magetan terkait untuk menjaga keamanan ketertiban di Kabupaten Magetan.

“Data informasi yang benar kepada pimpinan daerah, kepada Pak Bupati supaya mengambil keputusan langkah langkah kebijakan dapat bermanfaat kepada rakyat Kabupaten Magetan khusus dan bisa menjaga ketertiban keamanan serta kesejahteraan masyarakat kabupaten Magetan,”papar Dandim 0804.

Sekda Magetan Ir. Hergunadi MT mengatakan, tadikan sudah ada beberapa masukan yang pertama kan dari Dandim, setelah itukan ada dari Polres dan dari Migrasi, nanti ditindak lanjuti, di antisipasi salah satunya masalah air, masalah Politik, masalah sosial ini nanti sebagai bahan Pak Bupati mengambil keputusan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi sebenarnya Forum ini forum yang mobile bisa setiap saat bukan formal saja tapi non formal juga dilakukan dikarenakan permasalahan terjadi di masyarakat ini tidak resmi bulanan atau mingguan, dari tim ini udah cara informal dilakukan ini hanyalah mengumpulkan atau merefresh kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Pos terkait