Rapat Paripurna DPRD Magetan : Pj. Bupati Tanggapi Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda APBD 2024

 

Beritatrends, Magetan – Pj. Bupati Magetan Hergunadi memberikan tanggapan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat paripurna dengan agenda ‘Tanggapan dan/atau Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD tentang Rapeerda APBD T.A 2024, di ruang rapat paripurna dewan setempat, Jumat (17/11/2023).

Satu per satu Hergunadi menyampaikan tanggapan dan jawabannya terhadap pertanyaan, usul, saran, ataupun masukan yang telah disampaikan oleh Fraksi DPRD pada rapat paripurna sebelumnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan anggota DPRD baik Fraksi, Komisi, dan Banggar, atas kerja sama yang terjalin selama ini serta komitmen untuk tetap dalam koridor ketentuan peraturan tentang tahapan dan jadwal proses APBD 2024 bisa terlampaui dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Magetan Sujatno mengatakan, rapat kali ini merupakan mekanisme yang harus dilakukan.

Setelahnya, apabila masih terdapat permasalahan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut maka akan diklarifikasi kembali dalam rapat antara Banggar dengan TAPD maupun dengan OPD terkait lainnya.

“Ada beberapa hal yang saya lihat konsistensinya seperti dari Fraksi PDIP yang menanyakan pelaksanaan Perpres 80 tahun 2019 yaitu tentang 3 hal pertama pembangunan Sarangan, relokasi LIK, dan exit tol. Tadi sudah dijelaskan dan ternyata sekarang memang untuk relokasi LIK ketersediaan tanah yang belum siap oleh Pemda dan masih banyak pertanyaan lainnya yang dijelaskan oleh Bupati,” terang Sujatno usai rapat paripurna.

Pihaknya berharap, APBD pada tahun mendatang dapat difokuskan kepada hal-hal yang memang menjadi prioritas, yakni mengurangi kemiskinan, pengangguran, serta menekan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Semuanya arahnya untuk kesejahteraan rakyat Magetan karena problemnya memang 3 hal itu. Jadi untuk meningkatkan sektor pertanian, pariwisata, dan UMKM juga sangat penting dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Magetan,” tandasnya.

Baca Juga  Bupati Magetan Buka Gebyar Seni dan Kreativitas

Pos terkait