Renovasi Trotoar : Memanjakan Pejalan Kaki Agar Lebih Nyaman, Secara Umum Untuk Penanganan Banjir

Proyek Perbaikan Trotoar, Berikan Manfaat Keindahan Sekaligus Drainase

Beritatrends, Magetan – Sepanjang Jalan Manggis Kabupaten Magetan, sekitar 100 meter terlihat proyek pembangunan trotoar, yang di dalamnya terdapat perbaikan drainase.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Rokhmat Zainuddin, proyek ini ditujukan untuk penanganan banjir sekaligus memperindah trotoar.

“Secara umum untuk penanganan banjir, mengurangi genangan karena sudah masuk musim hujan. Sedangkan lebih khususnya untuk kenyamananpejalan kaki,” terangnya.

Di samping itu, Rokhmat juga menilai bahwa perbaikan trotoar tersebut sangat penting, melihat gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih dimanjakan dengan kendaraan, bukan jalan kaki.

“Kita ingin ada sesuatu yang berbeda sehingga pejalan kaki lebih nyaman bahkan memilih untuk jalan kaki daripada berkendara. Meskipun belum ideal yang benar-benar nyaman, tetapi kita sudah mulai menyasar kesana,” jelas Rokhmat.

Sebagai informasi, terdapat 30 titik yang saat ini tengah menjadi fokus perbaikan trotoar di Kabupaten Magetan, baik di dalam kota atau kecamatan lain. Ke-30 titik tersebut dilaksanakan sesuai anggaran dari PAK.

Rokhmat juga berharap agar semua pihak dapat mendukung proyek perbaikan ini.

“Harapannya Magetan dapat lebih indah. Sehingga dapat menarik wisatawan dan meninggalkan kesan baik apabila jalan kaki di Magetan. Selain itu juga kelak dapat menjadi ajang promosi, etalasi, ataupun identitas Magetan,” pungkasnya.

Di sisi lain, Sarni, pekerja proyek trotoar mengaku senang dengan adanya perbaikan trotoar ini, dimana selain membuat jalur lebih rapi, juga dapat memperlancar drainase.

“Saya senang jalur bisa rapi lagi karena paping akan diganti dengan beton. Nantinya air juga akan langsung masuk ke kali,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan pekerjaan tersebut dapat membantu masyarakat.

Baca Juga  Kasi Intel Kasrem 043/Gatam Tanamkan Kebanggaan Pada Prajurit Yonif 143/TWEJ

“Biar jalannya aman dan wilayah sini airnya tidak masuk ke kampung. Tapi dari jalan langsung ke saluran air,” kata Sarni.

Pos terkait