Rutan Magetan Gelar Apel Siaga dengan TNI – POLRI

Wujudkan Sinergitas dan Lingkungan Bebas dari Halinar, Rutan Magetan Gelar Apel Siaga dengan TNI – POLRI

Beritatrends, Magetan – Jajaran Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur tak henti – hentinya untuk menjalin koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan pemasyarakatan. Hari ini Jumat, (05/04/2024) Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim bersama dengan Kodim 0804 Magetan dan Polres Magetan menggelar Kegiatan Apel Siaga beserta operasi gabungan dengan sasaran pemberantasan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan HP, pungli dan narkoba (Halinar).

Sebelumnya, pihak Rutan telah mengirimkan surat undangan untuk Kodim 0804 Magetan dan Polres Magetan terkait pelaksanaan apel siaga beserta operasi penggeledahan gabungan. Masing-masing satuan hadir dengan 12 personel dari TNI dan 10 personel dari POLRI.

Meskipun giat apel siaga dan operasi dilaksanakan di tengah bulan Ramadhan, tak menyurutkan semangat personil untuk melaksanakan kegiatan operasi gabungan tersebut. Dimulai dengan apel bersama guna menyatukan komitmen, Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto memimpin apel dengan menyampaikan operasi penggeledahan yang berlandaskan humanisme. “Salam dan sapa serta rangkul warga binaan agar terwujud sinergi dan juga menumbuhkan komitmen WBP agar senantiasa mewujudkan lingkungan yang kondusif,” Jelasnya.

Selanjutnya Andy Sulistiawan selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan membagi seluruh personel ke dalam 2 tim. Setiap tim diarahkan menuju kamar hunian yang sudah disepakati sebelumnya. Tim 1 dibawah komandonya langsung sigap menuju blok timur (blok narapidana). Sebanyak 3 kamar hunian yang menjadi target operasi digeledah dan diperiksa.

Di tempat terpisah, yakni blok barat (blok tahanan), Kasubsi Pelayanan Tahanan Rudi Erwanto ditunjuk sebagai komandan tim 2. Blok timur digeledah dan diperiksa juga sebanyak 3 kamar hunian. Meski begitu, seluruh proses kegiatan nampak berjalan dengan suasana yang santai dan humanis.

Baca Juga  Hasil Perhitungan Suara di Kecamatan Sidorejo Magetan Terpantau Aman dan Kondusif

Acara yang dimulai pukul 15.00 dan berakhir pukul 17.00 tersebut, dilanjutkan dengan apel gelar barang bukti hasil penggeledahan di aula Rutan Magetan. Nampak beberapa barang yang diamankan petugas namun tidak ditemukan barang yang menjadi sasaran penggeledahan seperti HP dan narkoba. Kemudian, setelah gelar apel barang bukti kegiatan dilanjut dengan sesi buka bersama personil gabungan dan mengakhiri rangkaian acara pada hari ini.

Pos terkait