Rutan Magetan Ikuti Pelatihan Penggunaan dan Perawatan X-Ray Barang

Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban, Rutan Magetan Ikuti Pelatihan Penggunaan dan Perawatan X-Ray Barang

Beritatrends, Jakarta – Dalam Rangka meningkat keamanan dan ketertiban di lingkungan wilayah pemasyarakatan. Minggu Kemarin, Tepatnya tanggal 5-7 Oktober 2023 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menggelar pelatihan penggunaan dan perawatan X-Ray barang di dalam Lembaga Pemasyaratan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang bertempat di Hotel Mercure Convention Centre Ancol.

Bersama dengan 19 UPT yang lain, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim juga mengirimkan 2 Pegawainya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini merupakan tindak lanjut dari program pengadaan paketan alat pemeriksa atau monitoring lalu lintas barang (X-Ray) dengan tipe VMI Spectrum 6040 P3D dari Dirjenpas yang diterima secara langsung oleh Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto pada 25 September 2023.

Kegiatan Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Anak Agung Gde Krisna. Dalam kesempatannya, Sesditjenpas menyampaikan bahwa penggunaan X-Ray sangat penting dalam pengawasan barang yang masuk ke Lapas dan Rutan, termasuk dalam upaya pencegahan barang terlarang yang dapat membahayakan baik para petugas maupun Warga Binaan.

“Diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang cukup dari para petugas Pemasyarakatan untuk menggunakan dan melakukan perawatan X-Ray,” ujar Agung saat membuka kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Anak Agung Gde Krisna juga mengarahkan agar dilakukan penyesuaian daya listrik untuk keperluan pengoperasian X-Ray barang agar mesin yang ada dapat berpotensi secara optimal. Adapun dalam pelatihan kali ini, peserta yang merupakan para petugas Pemasyarakatan diharapkan mendapat manfaat dan bekal pengetahuan yang cukup dalam melaksanakan tugas keseharian termasuk saat mengoperasikan X-Ray barang.

“Saya harap para peserta pelatihan dapat meneruskan ilmu yang didapat kepada teman-teman di Unit Pelaksana Teknis sehingga memiliki kemampuan yang sama dalam pengoperasian barang,” harap Agung.

Baca Juga  Bolos Jam Pelajaran Sekolah, Belasan Pelajar di Magetan Diciduk Satpol PP Saat Nongkrong di Warung

Pada Pelatihan Kali ini Ditjenpas mendatangkan berbagai narasumber. Yang pertama adalah koordinator perizinan fasilitas penelitian dan industri Direktorat perizinan fasilitas radiasi dan zat radioaktif badan pengawas tenaga nuklir, Mukhlisin. Yang menjelaskan tentang radiasi di dalam alat X-Ray barang dan efek dari radiasi tersebut serta persyaratan, perizinan dalam pengoperasian alat X-Ray Barang. Yang kedua adalah Analis Teknis Komersil dari kantor Pusar Brasil VMI Security, Mr. João Pedro Assis yang menjelaskan dan memberikan cara pengoperasian alat X-Ray tersebut.

 

Pos terkait