Rutan Magetan Kembali Hadapi Desk Evaluasi Pembangunan ZI oleh TPI

Karutan : Pantang Menyerah, Rutan Magetan Kembali Hadapi Desk Evaluasi Pembangunan ZI oleh TPI

Beritatrends, Magetan – Pantang Menyerah merupakan kata yang pantas disematkan bagi jajaran Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim dalam upayanya dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas, karena untuk ke-empat kalinya Rutan Magetan kembali mencoba menunjukkan taringnya dalam kancah kontestasi Pembangunan Zona (ZI) Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Pada Senin (15/05/2023), Kepala Rutan beserta seluruh anggota Tim Pokja berkesempatan mengikuti Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Wilayah VI Kemenkumham setelah dinyatakan lolos terpilih menjadi salah satu UPT yang mewakili jajaran Pemasyarakatan yang diusulkan dalam Kontestasi Pembangunan ZI menuju WBK bersama 82 Satker lainnya pada tahun ini.

Setibanya di Rutan, Tim Penilai Internal (TPI) langsung disambut dengan yel-yel Tim Pembangunan Zona Integritas Rutan Magetan. Rombongan lantas diiajak berkeliling oleh Karutan untuk meninjau kesiapan sarana dan inovasi pelayanan yang ada di Rutan.

Ruang Unit Layanan Terpadu, inovasi NITIP SI JALU (Layanan Penitipan Pasti Tertuju Langsung Padamu), SARANGAN (Sentra Area Layanan Warga Binaan), PELANGI (Pojok Pelayanan Informasi Integrasi dan Remisi) hingga SIDOMUKTI (Sistem Informasi dan Layanan Online Mudah, Akurat, Terintegrasi) yang menjadi andalan Rutan Magetan dalam mewujudkan pelayanan publik yang maksimal tak luput dari perhatian tim TPI.

Usai berkeliling, tim diarahkan menuju aula untuk melaksanakan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas. Diawali dengan pemutaran video profil dan jingle, kemudian pemaparan progres pembangunan oleh Karutan, dilanjutkan sesi wawancara serta diakhiri sesi penyampaian evaluasi menyeluruh terhadap pembangunan ZI di Rutan Magetan.

Menanggapi penampilan Rutan Magetan pada Desk Evaluasi kali ini, Iqbal yang merupakan salah satu evaluator menuturkan bahwa UPT sekelas Rutan Magetan seharusnya sudah mendapatkan predikat WBK. “Dilihat dari Infrastruktur dan Inovasinya, seharusnya Rutan Magetan ini sudah WBK tahun kemarin. Karena dilihat progress pembangunan zona integritasnya pun juga sudah cukup baik dan patut diapresiasi”, ucapnya.

Tim Penilai Internal juga memuji tim pokja Rutan Magetan yang dinilainya sudah menguasai masing-masing bidang yang dikerjakan. “Terlihat dari tim pokja yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, tampak sudah menguasai ya”, lanjutnya.

Meski begitu, masih ada beberapa catatan perbaikan yang diberikan Tim TPI. Seperti dokumen Manajemen Resiko dan Laporan Kinerja Rutan Magetan yang masih butuh penyesuaian kembali terhadap kondisi satker yang sebenarnya.

Desk Evaluasi yang berlangsung di Aula Rutan Magetan tersebut berlangsung lancar tanpa hambatan yang berarti. Tim Penilai menekankan agar Rutan Magetan segera melakukan perbaikan terhadap catatan yang diberikan.

Pos terkait