Rutan Magetan Siap Laksanakan Arahan Kakanwil

Ikuti Rakernis Pas Tahun 2023, Rutan Magetan Siap Laksanakan Arahan Kakanwil

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka menyatukan semangat dan meningkatkan soliditas para petugas Pemasyarakatan, pada Selasa (6/6/2023) hingga rabu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan (RAKERNIS PAS) Tahun 2023 di Jambuluwuk Hotel & Resort Batu.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Ka UPT Pemasyarakatan di jajaran Kanwil Jatim tersebut, dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari yang juga didampingi oleh para Pimti Pratama kantor wilayah. Pada kegiatan kali ini, Rutan Magetan diwakili oleh Ka.KPR Didi Rahmadi dikarenakan Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto berada di Jakarta untuk melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas.

Dalam sambutannya Kakanwil menekankan soliditas dalam rangka pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan harus terwujud. Karena dengan adanya rakernis tersebut diharapkan dapat secara dini melakukan pemetaan permasalahan, mitigasi resiko serta pengambilan langkah-langkah strategis. Terlebih lagi dengan peningkatan soliditas tersebut dapat terus menjaga marwah Kementerian Hukum dan HAM dan terus bersemangat menjaga integritas serta komitmen dalam mewujudkan Pemasyarakatan PASTI Maju dan BerAkhlak.

“Dan jangan lupa menjalankan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Berantas Narkoba, Sinergitas dengan Aparatur Penegak Hukum, Deteksi Dini dan Back to Basic,” urainya.

Untuk diketahui kegiatan yang bertema “Transformasi Pemasyarakatan UPT se-Jatim Di Bidang Pengamanan dan Keterbukaan Informasi Publik Dalam Mewujudkan Pemasyarakatan Maju dan Ber-Akhlak Tahun 2023” tersebut menghadirkan narasumber dengan berbagai materi. Antara lain dari Kominfo terkait Bermedia Sosial Dalam Mendukung Keamanan dan Keteertiban di UPT Pemasyarakatan. Selanjutnya dari BIN Daerah Jatim terkait Peran Intelijen Dalam Mewujudkan Kondusifitas di UPT Pemasyarakatan Menjelang Pemilu Tahun 2024. Dan dari IPK Wilayah Jatim terkait Brainstorming dengan tema “Spiritual, Mental, Amanah dan Sedih”.

Baca Juga  Presiden Resmi Jadikan Dewan Pers Sebagai Regulator

Dalam kegiatan Rakernis ini Kanwil Kemenkumham Jatim juga menggelar Apel Akbar yang bertujuan untuk menggalakkan di Lapas/Rutan dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban. Selain itu juga untuk memperkuat komitmen bersama petugas Pemasyarakatan. Bertindak sebagai pembina, Kakanwil Imam Jauhari menyampaikan bahwa salah satu cara untuk mengantisipasi gangguan Kamtib adalah membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen dalam sebuah organisasi.

Pos terkait