Safari Ramadan, Cara Pemkab Magetan Perkuat Silaturahmi Dengan Masyarakat

Beritatrends, Magetan – Pada bulan suci Ramadan tahun 2023/1444 Hijriah ini, dimanfaatkan oleh Bupati Magetan Suprawoto bersama jajaran Forkopimda Magetan, serta Kepala OPD untuk menyapa warganya dalam kegiatan bertajuk Safari Ramadan.

Kegiatan Safari Ramadan ini bertujuan untuk memperkuat silaturahmi pemerintah dengan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

Desa yang menjadi lokasi Safari Ramadan pada tahun ini merupakan desa yang belum dikunjungi Bupati dan Wakil Bupati Magetan pada safari ramadan tahun lalu, diantaranya di Masjid As Salam, Desa Sumberagung, Kecamatan Plaosan pada Senin (3/4/2023).

Dilanjutkan Masjid Baitussalam, Desa Sawojajar, Kecamatan Takeran, Selasa (4/4/2023), dan Masjid Nurul Iman, Desa Pesu, Kecamatan Maospati, pada Kamis (06/04/2023).

Safari Ramadan keliling dilakukan Bupati dan rombongan dengan sholat Isya dan tarawih berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Suprawoto menyampaikan, kepada masyarakat untuk bersyukur karena dipertemukan kembali dengan bulan puasa dan mudah-mudahan juga menemui hari kemenangan di hari Idul Fitri nanti.

Juga menurutnya, dalam puasa tidak hanya menahan lapar, tetapi mendapat berkah dan rezeki.

“Mari kita maknai subtansi puasa itu dengan sebenar-benarnya, sehingga kita menjadi umat yang bertakwa,” kata Suprawoto.

Ia mengatakan, bahwa masyarakat di Indonesia dalam hal beribadah masih diberikan kebebasan tidak seperti di negara lainnya.

“Kita sebagai masyarakat Indonesia patut bersyukur karena kita masih diberikan kebebasan dalam beribadah secara leluasa seperti sekarang tidak seperti di negara-negara lain yang masih ada keterbatasan dalam hal beribadah,” terang Bupati Suprawoto.

Selain itu, Bupati Suprawoto atas nama pemerintah Magetan juga mengucapkan permohonan maaf karena selama 2 tahun terakhir pemerintah masih terkendala dengan pandemi Covid-19 dan pembatasan PPKM.

“Sesuai anjuran pemerintah tidak boleh melakukan buka bersama khusus untuk birokrasi, namun masyarakat umum masih boleh melakukannya, karena dikarenakan anggaran pemerintah lebih ditekankan untuk pembangunan,” tandasnya.

Baca Juga  BPBD Magetan Kirim Relawan dan Bantuan Logistik Korban Erupsi Gunung Semeru

Selain berbaur dengan masyarakat, Pemkab juga memberikan bantuan secara simbolis kepada seluruh Kecamatan se-Magetan. Juga bantuan diberikan kepada Takmir Masjid yang menjadi lokasi Safari Ramadan.

Pos terkait