Satpol PP Kabupaten Madiun Turunkan Tim Bantu Warga Terdampak Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

LEPAS—Bupati Madiun, Ahmad Dawami melepas tim Damkar Satpol PP Kabupaten Madiun untuk berangkat turun ke lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).

Beritatrends, Madiun – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Madiun menurunkan tim kewilayah terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).

“Dari Satpol PP khususnya bidang pemadam kebakaran kita menurjunkan delapan personil dengan membawa satu unit mobil pemadam kebakaran,” kata Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Madiun, Hartoyo, Selasa (7/12/2021).

Tak hanya itu, kata Hartoyo, Satpol PP juga membawa mobil patroli untuk membawa bekal dan personil. Selain itu membawa genset untuk persiapan lantaran kondisi di lokasi listrik masih sementara padam.

“Untuk itu kita antisipasi membawa genset karena informasi saat ini masih banyak titik yang kondisi listriknya padam,” jelas Hartoyo.

Menurut Hartoyo, tim Satpol PP bersama instansi lain akan berada di Lumajang hingga tiga hari kedepan.

Hartoyo mengatakan tim yang terjun ke lokasi sudah berada di posko darurat bencana. Hanya saja lantaran Presiden RI Jokowi hendak berkunjung ke lokasi, mobil damkar digunakan untuk membersihkan jalan dari timbunan lumpur dan abu.

“Tadi mobil damkar sudah isi air untuk membersihkan jalan. Kemarin saat berangkat kami kosongkan lantaran jarak tempuh yang jauh dari Madiun menuju Lumajang,” jelas Hartoyo.

Untuk sementara tim yang dikirim akan bekerja sampai selesai sesuai dengan penugasan yang diberikan dari Pemkab Madiun.

Hartoyo menambahkan saat tim pemadam kabakaran dari Satpol PP Kabupaten Madiun terus siaga di lokasi. Bilamana dibutuhkan, tim Damkar Satpol PP Kabupaten Madiun langsung turun ke lokasi sesuai perintah.

“Tim kami siap setiap saat bilamana diperlukan untuk membantu di lokasi sesui permintaan dari komando di lapangan,” ungkap Hartoyo.

ISI—Tim Damkar Satpol PP Kabupaten Madiun sementara mengisi air mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan ruas jalan yang tertutup lumpur dan abu di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Sebelum berangkat, tim Damkar diminta pimpinan untuk maksimal membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Kirim Logistik dan Alat Berat
Sementara itu Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengatakan Pemkab Madiun sudah mengirimkan bantuan berupa logistik,alat berat dan puluhan relawan bencana pada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Senin (6/12/2021).

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini mengatakan bantuan yang diberikan bagian bentuk keprihatinan dan kepedulian masyarakat Kabupaten Madiun kepada korban bencana.

“Jadi bantuan ini bentuk kepedulian dan keprihatinan kami terhadap bencana alam yang terjadi di Lumajang,” kata Kaji Mbing.

Kaji Mbing mengungkapkan hasil koordinasi dengan BPBD Provinsi Jatim menyebutkan bantuan dan posko bencana dari Pemkab Madiun diarahkan ke Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.
Di lokasi itu Pemkab Madiun membuka posko selama tiga hari dengan layanan yang diberikan berupa kesehatan, dapur umum dan personel rescue.

Pos terkait