Soft Launching Magetan Creative Hub, Harapan Baru Kolaborasi Para Pelaku Industri Kreatif

Eko Budiono – Ini baru tahap soft launching terkait dengan pembentukan Magetan Creative Hub, dimana nanti harapannya seluruh pelaku ekonomi kreatif akan terkolaborasi dan berada dalam satu wadah namanya

Beritatrends, Magetan – Dari tahun ke tahun, industri kreatif di Magetan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi dan persaingan pasar juga akan berjalan semakin ketat.

Untuk memfasilitasi perkembangan industri kreatif tersebut, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan Soft Launching Creative Hub dengan tagline “Kemajuan Magetan Tanggung Jawab Bersama”.

“Ini baru tahap soft launching terkait dengan pembentukan Magetan Creative Hub, dimana nanti harapannya seluruh pelaku ekonomi kreatif akan terkolaborasi dan berada dalam satu wadah namanya,” kata Eko Budiono, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Magetan.

Tentunya, agar Magetan Creative Hub dapat segera terwujud, diperlukan kolaborasi semua pihak, baik pemangku kebijakan, OPD terkait, dan peran stakeholder lainnya, termasuk pelaku industri kreatif itu sendiri. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut juga turut diagendakan “Dengar Aspirasi Publik Bersama Komunitas Ekonomi Kreatif”, bertempat di Hutan Kota Nrang Kusumo, Senin (19/12/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh komunitas ekonomi kreatif, pegiat medsos, dan SKPD di Kabupaten Magetan. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara pasti apabila terdapat saran ataupun kendala terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif, dalam rangka menuju Magetan Creative Hub. “Karena sebetulnya pelaku ekonomi kreatif di Magetan sudah punya potensi, tinggal mengkolaborasikan saja. Jadi antar komunitas atau di bawah binaan OPD terkait akan dikolaborasikan dalam satu wadah sehingga bisa muncul satu kesatuan yang sama,” terang Eko Budiono.

Hal ini tentunya juga sejalan dengan tanggapan dari Bambang Supradobo, narasumber dari pegiat ekonomi kreatif dari Provinsi Jawa Tengah, yang mengatakan bahwa “Di era transformasi pengetahuan begitu meluas. Kreativitas merupakan sumber daya terbarukan. Sehingga perindustrian dan ekonomi kreatif harus dapat menghasilkan nilai tambah,” jelasnya.

Demikian juga dengan Salies Aprilianto, narasumber dari Dirut PT Infonika Parasa, yang sangat mendukung terwujudnya Magetan Creative Hub ini. “Karena dengan mengembangkan pelaku ekonomi kreatif maka akan terbentuk smart society, yang nantinya akan memancing munculnya smart branding,” pungkasnya.

Meskipun lokasi Magetan Creative Hub masih dalam tahap kajian, namun harapannya kelak dapat menjadi branding Magetan itu sendiri, yang tentunya juga akan dapat memberikan dampak yang signifikan, utamanya untuk penggerakan ekonomi.

Pos terkait