Sosialisasi Pendidikan Politik dengan Tema “Ancaman Kapitalis Ditengah Demokrasi”

  • Whatsapp

Sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di salah satu wisata di Magetan, dengan tema “Ancaman Kapitalis Ditengah Demokrasi”

Beritatrends, Magetan – Pendidikan politik, proses pembelajaran dan pemahaman bagi masyarakat Pendidikan politik memberikan seseorang pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai persoalan politik termasuk pengakuan dan penghargaan terhadap keragaman nilai sosial politik yang dianut seseorang dan kelompok (komunitas). Untuk memahami pendidikan politik secara substantif agar pesta demokrasi tidak hanya sekedar ajang nan riuh dan hura-hura tak bermakna.

Sesuai dengan salah satu tugas Badan Kesbangpol dalam melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat, pada hari ini Kamis (21/10/2021), melaksanakan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di salah satu wisata di Magetan, dengan tema “Ancaman Kapitalis Ditengah Demokrasi”

Acara di buka oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti M.Pd, tampak hadir Kepala Badan Kesbangpol Chanif Tri Wahyudi, dan sebagai narasumber Wakil Ketua DPRD Magetan dr, Pangayoman MM

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya menyatukan pemahaman masyarakat dalam rangka menjalankan proses politik dalam berdemokrasi harus tetap memperhatikan norma-norma atau kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa. Sehingga terwujud suatu proses demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dasar negara, Pancasila.

Tantangan utama Pancasila saat ini adalah memastikan penerapan filsafat ideologi bangsa itu dalam kehidupan bernegara karena kekuatan kapital lebih menguasai dunia politik dan ekonomi.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Magetan, Chanif Tri Wahyudi mengatakan, Sosialisasi ini untuk antisipasi terhadap masyarakat terkait kebebasan-kebebasan yang selalu berevoria dengan bermedsos agar tahu batasan batasnya dalam melakukan kebebasan tersebut.

“Acara ini akan sering dilakukan dengan tema-tema berbeda apa lagi sebentar lagi akan ada pesta demokrasi di tahun 2024 tentunya nanti kita akan mengundang para pengurus partai supaya pesta demokrasi berjalan lancar tidak ada gangguan karena masyarakat yang kita undang meneruskan ke lingkungannya,”terang Chanif.

Ditempat yang sama dr, Pangayoman MM sebagai narasumber menjelaskan, bahwa kita ini mempunyai konstitusi yang cukup bagus didalam mempunyai filosopi Negara Kita Pancasila yang penting dalam menghadapi ancaman apabila kita laksanakan secara konsisten dan konstitusi kita sudah komplit kita punya dasar negara yang nilai-nilainya dari asli dari nilai-nilai kehidupan sehari-hari yang kita cita-citakan apabila mendapat pengaruh dari luar itu biasanya sulit masuknya.

“Pendidikan tidak kita maknai secara formal dan hari ini juga sudah mendapatkan pendidikan politik dari Kesbangpol dan informal akan kita sampaikan tentang ilmu pendidikan politik juga termasuk pendidikan Formal dimasukkan,”pungkasnya.

Pos terkait