Stabilkan Harga dan Bantu Produsen Lokal, DLHP Magetan Gelar Gerakan Pasar Murah

Beritatrends, Magetan – Dalam upaya menjaga stabilitas harga dan stok pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pangan (DLHP) Kabupaten Magetan menggelar gerakan pasar murah di sisi utara Pasar Baru Magetan, Minggu (29/09/2024).

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang telah digelar dua kali di Magetan.

Kepala Bidang Pangan DLHP Magetan, Awang Arifaini Rudin, menjelaskan bahwa acara pasar murah ini memberikan kesempatan bagi produsen lokal, termasuk kelompok ternak, gabungan kelompok tani (Gapoktan), Bulog, dan distributor pangan, untuk menjual produknya langsung kepada konsumen.

Langkah ini diharapkan bisa memberikan keuntungan ganda, baik bagi produsen maupun masyarakat.

“Untuk petani, adanya pasar murah ini memungkinkan mereka menjual langsung ke end user, sehingga ada tambahan pendapatan. Sedangkan bagi masyarakat, mereka bisa mendapatkan harga pangan yang lebih rendah dibandingkan harga pasar,” ungkap Awang.

Beberapa komoditas yang ditawarkan dalam pasar murah ini di antaranya beras dengan harga Rp 56,5 ribu/5 kg, telur Rp 23 ribu/kg, minyak goreng Rp 16,5 ribu/liter, dan detergen Rp 55 ribu/liter. Selain itu, produk-produk seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan hasil industri kecil menengah (IKM) juga tersedia.

Menurut Awang, DLHP Magetan bekerja sama dengan Bulog setempat telah menyiapkan 4 ton beras untuk acara kali ini, namun jumlah tersebut bisa ditambah jika antusiasme masyarakat tinggi.

“Kami siapkan 4 ton beras, dan jika diperlukan, kami siap menambah. Sementara ini, harga beras di pasaran belum mengalami gejolak yang signifikan,” jelasnya.

Tidak ada pembatasan pembelian maupun sistem kupon dalam acara ini. Harga yang ditawarkan pun bukan hasil subsidi, melainkan harga distributor atau produsen, yang tetap berada di bawah harga pasar umum.

Baca Juga  Kapolres Magetan Berikan Reward Kepada Anggota Yang Berprestasi

Salah satu warga Kelurahan Mangkujayan, Anik, merasa terbantu dengan adanya pasar murah ini. “Harganya memang sedikit lebih murah, tapi tetap terasa membantu. Saya harap acara seperti ini sering diadakan lagi,” ujarnya.

Dengan adanya pasar murah ini, DLHP Magetan berharap dapat terus membantu masyarakat mendapatkan akses pangan yang terjangkau, sekaligus mendukung produsen lokal dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *