Tak Lagi Terdampak Banjir, Warga Kedungbanteng Apresiasi Proyek Rehab Penahan Tebing Kali Notopuro

Papan Nama : Proyek rehab penahan tebing senilai Rp 1,9 milyar yang dikerjakan PT Rajawali Raya Indonesia kali ini dapat mampu menahan banjir dari Kali Notopuro saat musim penghujan tiba

Beritatrends, Madiun – Warga Desa Kedungbanteng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun mengapresiasi program rehab penahan tebing Kali Notopuro yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun.

Warga berharap proyek rehab penahan tebing senilai Rp 1,9 milyar yang dikerjakan PT Rajawali Raya Indonesia kali ini dapat mampu menahan banjir dari Kali Notopuro saat musim penghujan tiba.

Kaur Umum Perencanaan Desa Kedungbanteng, Undira Qori menyatakan Pemerintah Desa Kedungbanteng menyampaikan apresiasi kepada DInas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun yang telah merehab penahan tebing Kali Notopuro. Pasalnya rehab penahan tebing itu dapat menyelamatkan tanah warga yang biasa tergerus air saat musim penghujan tiba.

Warga pun saat ini merasa aman dan nyaman lantaran pembangunan dan rehab penahan tebing itu sudah selesai pengerjaannya. Harapannya, penahan tebing yang sudah direhab kembali dapat bermanfaat bagi warga Desa Kedungbanteng.

Sebelum direhab, air yang meluap dari sungai Notopuro sering menggerus tanah milik warga. Hadirnya penahan tebing yang sudah direhab maka lahan dan tanah warga selamat dan aliran air pun lancar.

Ia berharap kedepan Dinas PUPR Kabupaten Madiun membangun penahan tebing sisi sebelah selatan Kali Notopuro. Tak hanya itu, penahan tebing juga perlu dibangun disisi timur jembatan Kali Notopuro agar air tak lagi meluap ke lahan dan rumah warga.

Senada dengan Undira, Budi Suwandi warga yang bermukim di pinggir Kali Notopuro mengaku lega dan senang rehab penahan tebing akan menjadikan rumahnya tak lagi terdampak banjir saat musim penghujan. Sebelum direhab, acapkali lahan dan rumah yang berada dipinggir Kali Notopuro terendam banjir.

Baca Juga  Magetan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2023

Menurut Budi, sejatinya sudah ada penahan tebing yang dipasang disamping kanan-kiri Jembatan Notopuro.

Namun penahan tebing yang dibuat dengan model cetakan beton itu sering ambles dan ambruk. Kondisi itu menjadikan air banjir yang berasal dari Kali Notopuro naik meluap merendam lahan dan rumah warga.

Ia pun berharap penahan tebing juga dibangun disisi timur jembatan Notopuro. Dengan demikian warga yang tinggal disisi timur Jembatan Notopuro pun merasa aman dan nyaman saat musim penghujan tiba.

Pos terkait