Tekan Kenaikkan Harga Sembako, Pemkab Madiun Gelar Pasar Murah

 

ANTRI–Warga Desa Sumberejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur antri membayar untuk membeli sembako murah di Pasar Murah yang digelar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Kamis (14/3/2024).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro menggelar pasar murah menyusul melonjaknya harga sembako memasuki bulan Ramadan 1445 H. Lewat pasar murah diharapkan dapat menekan harga sembako di pasaran.

Untuk tahap awal  Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun menggelar Operasi Pasar (OP), di Balai Desa Sumberejo, Kecamatan Geger – Kabupaten Madiun, Kamis (14/3/2024).

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Hendah Dwi Wijayani disela-sela operasi pasar menyatakan operasi pasar digelar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok.Terlebih saat ini memasuki bulan Ramadan sejumlah harga sembako mengalami kenaikan harga.

“Ini kegiatan rutin kami sebagai upaya untuk stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok. Selain itu saat ini bulan Ramadhan dimana harga kebutuhan pokok banyak yang  naik. Jadi untuk membantu mencukupi kebutuhan masyarakat, kita bantu dengan Operasi Pasar,” kata Hendah.

Untuk dapat berbelanja di pasar murah, kata Hendah, warga hanya perlu membawa foto kopi kartu keluarga dan kartu tanda penduduk. Masing – masing warga  berhak belanja maksimal dua kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng,satu kilogram telur ayam, lima kilogram beras SPHP dan setengah kilogram bawang putih.

Hendah berharap operas pasar dapat membantu pemenuhan kebutuhan pokok warga selama dua pekan. Tak hanya lewat pasar murah, harga sembako di pasar menjadi normal.

“Lewat OP kami berharap dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk satu sampai dua minggu ke depan. Selain itu harga segera stabil, dan kami tetap bisa terus membantu meringankan beban masyarakat,” ungkap Hendah.

Baca Juga  Kodim 0426 Ikut Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 di Kabupaten Tulang Bawang, Selasa 7 Desember 2021

Ia menambahkan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun selama satu tahun akan menggelar operasi pasar di 60 titik.”Untuk bulan maret akan ada 5 kali OP. Khusus di Desa Sumberejo hari ini menyediakan 700 kilogram gula pasir, 700 liter minyak goreng, 200 kilogram telur ayam, 80 kilogram bawang putih dan 200 sak beras SPHP.

PASAR MURAH–Warga Desa Sumberejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur membeli sembako di Pasar Murah yang digelar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Kamis (14/3/2024).

Beberapa warga Sumberejo mengaku terbantu dengan kegiatan operasi pasar. Terlebih saat ini harga sembako naik memasuki bulan puasa.

“Kami sangat senang sekali dan terbantu dengan adanya kegiatan operasi pasar. Kami cukup membawa foto kopi KK (Kartu Keluarga) saja. Selanjutnya diserahkan ke petugas dan terus langsung bisa belanja,” ungkap Yamtini.

Yamtini memyatakan warga dapat berbelanja beras, telur, minyak goreng, gula dan bawang putih.

Sementara itu Sri Hariyanti menyatakan harga sembako pada operasi pasar lebih murah dibandingkan dengan pasaran. Ia mencontohkan  harga gula  lebih murah Rp 2 ribu, yakni di angka Rp 15.000 Rper kilogram.

Sementara telur ayam di pasar Rp 30 ribu, sementara di OP ini hanya Rp 27.500. Minyak goreng dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per liter,  bawang putih seharga Rp 14 ribu per kemasan setengah kilogram dan satu sak beras SPHP sebanyak lima kilogram seharga Rp 51.000.

Ia pun berharap, Pemerintah Kabupaten Madiun sering menggelar Operasi Pasar hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan demikian warga dapat membeli sembako dengan harga terjangkau.

Pos terkait