Tim PNPB UM Melakukan Bedah Mineral Tersembunyi di Lumpur, Ekowisata Pulau Lusi, WBT

Bedah Mineral Tersembunyi di Lumpur, Ekowisata Pulau Lusi, WBT

Beritatrends, Sidoarjo –Belakangan ini Badan Geologi Kementrian ESDM menemukan kandungan mineral logam tanah yang langkah dan menjadi buruan banyak negara di dunia. Info dari Eko Budi Lelono, Kepala Badan Geologi mengatakan ditemukannya kandungan mineral langka dan mineral kritis di lumpur lapindo.

Hal inilah yang mendorong salah satu Tim PNBP UM untuk meneliti kandungan mineral penting pada lumpur yang ada di Ekowisata Pulau Lusi. Pulau Lusi merupakan pulau yang sengaja dibuat untuk menampung aliran lumpur lapindo.

“Awalnya pulau lusi ini sengaja dibuat dari aliran lumpur lapindo yang dibuang ke sungai porong, kemudian di buat suatu proyek dengan nama Wisata bahari Tlocor (WBT) dimana didalamnya terdapat ekowisata Pulau Lusi.Hal ini bertujuan sebagai peringatan bahwa bencana Lumpu Lapindo dapat menciptakan kemaslahatan bagi masyarakat sekitar, yakni dengan dibangunnya WBT ini.”

Kata Alfina Damayanti selaku ketua Pokdarwis wisata bahari Tlocor, lewat wawancara langsung tim UM, Sabtu 18 Juni 2022.

Studi pendahuluan yang telah dilakukan Tim PNBP UM di sekitar ekowisata Pulau Lusi menunjukkan banyaknya flora fauna yang dapat hidup dan tumbuh disana, hal ini mengindikasikan bahwa lumpur di Pulau Lusi mengandung mineral penting yang memiliki banyak manfaat.

Fenomena inilah yang mendorong Tim PNBP UM untuk meneliti kandungan mineral lumpur di ekowisata Pulau Lusi yang berpotensi sebagai sumber energi terbarukan.

Baca Juga  Pesantren Lahirkan Generasi Muda Yang Taat Agama

Pos terkait