Tingkat Pengangguran Terbuka Naik, Pemkab Magetan Bakal Gelar Job Fair

Pemkab Magetan Bakal Gelar Job Fair

Beritatrends, Magetan – Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Magetan tercatat naik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka TPT tahun 2021 sebesar 3,8%, sementara tahun 2022 naik hingga 4,33%.

“Sebenarnya angka tersebut masih di bawah provinsi, tapi bagaimanapun juga tidak boleh lengah harus diantisipasi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Magetan, Mitro Wibowo, Senin (12/06/2023).

Dampak pandemi Covid-19 dan minimnya lapangan pekerjaan menjadi alasan tingginya angka pengangguran di Magetan.

“Banyak juga yang pulang kampung dari luar kota karena PHK, sehingga susah mendapat pekerjaan disini karena Magetan kota kecil,” ungkapnya.

Menurut Mitro, Pemerintah Kabupaten Magetan tentu tak akan tinggal diam.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menurunkan TPT ini, salah satunya dengan membuka pintu seluas-luasnya bagi para investor. Pun dari Disnaker sendiri, telah seringkali memfasilitasi pelatihan kerja.

Terbaru, Pemkab juga akan menggelar Job Fair pada tanggal 20-21 Juni mendatang di Gor Ki Mageti, yang dinilai akan punya daya ungkit luar biasa untuk mengurangi TPT di Magetan.

“Kami akan mendatangkan 30 perusahaan di bidang ritel, perbankan, pabrikan, dan masih banyak lagi. Harapannya perusahaan bukan sekedar pameran akan tetapi dapat langsung merekrut karyawan sesuai lowongan yang dibutuhkan,” terang Mitro.

Diakhir, pihaknya mengajak bagi para jobseeker Magetan dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Harap mendaftar melalui link bit.ly/jobfairmagetan20, dan datang dengan membawa berkas persyaratan antara lain surat lamaran pekerjaan, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP & KK, serta Kartu AK1 / Kartu Pencari Kerja yang dapat diurus di Disnaker secara gratis,” jelasnya.

Pos terkait