UNESA Kampus 5 Magetan Diresmikan, Ikon Baru Pendidikan dan Kemajuan Daerah

Beritatrends, Magetan – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) meresmikan Kampus 5 di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dalam sebuah acara yang meriah dihadiri oleh jajaran Forkopimda setempat serta ribuan warga sekitar, Sabtu (24/08/2024).

Rektor UNESA, Nurhasan, atau yang akrab disapa Cak Hasan, mengatakan bahwa Kampus 5 UNESA akan menjadi ikon pendidikan dan kemajuan bagi Kabupaten Magetan.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Begitu pun dengan minat pendaftar yang juga tinggi, tapi kita batasi jumlahnya agar seimbang. Mudah-mudahan ke depan bisa bangun gedung lagi dan infrastruktur tambahan lainnya,” ungkapnya.

Direktur UNESA Kampus 5 Magetan, Sarmini, menambahkan bahwa kehadiran kampus ini adalah kebanggaan bagi masyarakat Magetan dan sekitarnya.

“Akhirnya kampus yang sedang melaksanakan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) dengan 1054 mahasiswa baru ini berdiri megah dan siap menjadi pusat pendidikan yang unggul,” ujarnya.

Menurut Sarmini, UNESA Kampus 5 Magetan merupakan wujud sinergi antara kampus dan Pemkab Magetan dalam menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas untuk mencetak SDM unggul menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Kampus ini merupakan wujud kolaborasi membangun peradaban dari daerah. Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama ini,” kata guru besar UNESA itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Magetan, Hergunadi, turut mengapresiasi komitmen UNESA dan Pemkab Magetan dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi.

Menurutnya, kehadiran kampus ‘Rumah Para Juara’ ini tidak hanya simbol pembangunan fisik, tetapi juga wujud pembangunan SDM daerah yang unggul. Bahkan dampak ekonomi yang positif pun sudah mulai terasa.

“Pelaku usaha lokal bertambah, dan daya beli masyarakat meningkat. Dampak yang lebih besar akan terlihat dalam 5 hingga 15 tahun ke depan, termasuk di sektor pariwisata,” jelas Hergunadi.

Baca Juga  Satu Tahun APMM, dari Magetan Siap Sukseskan Pemilu 2024

Peresmian Kampus 5 UNESA di Magetan juga disertai berbagai kegiatan menarik, seperti jalan sehat, penandatanganan prasasti dan Memorandum of Agreement (MoA), serta acara simbolis pemotongan tumpeng dan pelepasan burung merpati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *