Unik! Ada Tarian Ikan Khutuk Saat Bersih Desa di Simbatan

Tarian Ikan Khutuk Saat Bersih Desa di Simbatan

Beritatrends, Magetan – Tarian Ikan Khutuk, salah satu agenda tahunan yang dilibatkan dalam kegiatan Bersih Desa Simbatan Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan.

Terdapat 80 ekor ikan khutuk atau gabus yang terdapat dalam Petirtaan Dewi Sri.

Sebelum melaksanakan Tari Ikan Khutuk, masyarakat Desa Simbatan menguras dan beramai-ramai memindahkan ikan khutuk dari sana, Jumat (04/08/2023).

“Ini dalam rangka bersih desa yang diadakan setahun sekali, pada bulan Jawa Sura, hari Jumat Pahing,” kata Juru Pelihara Petirtaan Dewi Sri, Sumiran.

Ikan khutuk ditarikan oleh waranggono setelah Salat Jumat dengan diiringi lantunan gamelan.

Setelah itu, ikan dikembalikan ke kolam dan ditaburi sesaji berupa beras kuning dicampur bunga.

Sumiran mengatakan, tarian ini digelar untuk menghormati arwah yang menjelma sebagai ikan khutuk.

“Dalam filosofi Jawa bermakna kutukan, artinya kita sebagai manusia tidak boleh berani dengan orang tua, apabila dilanggar terdapat kutukan tersendiri,” pungkas Sumiran.

Event tahunan tersebut berhasil menarik antusias para pengunjung, terbukti dari masyarakat setempat hingga wisatawan dari luar kota turut meramaikan acara.

Diketahui, sebelum dilaksanakan Tari Ikan Khutuk, ada prosesi penyembelihan hewan dan pengurasan serta pembersihan Petirtaan Dewi Sri.

Pun malam harinya dilanjutkan dengan berbagai macam hiburan tarian lain seperti Sendra Tari Dewi Sri Simbatan, Tari Jejer Jaran Dawur, Tari Bojong, Tari Bali Margapati, hingga Fashion Show Batik Ciprat Simbatan dan Batik Khas Magetan.

Baca Juga  Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1444 H, Seribu Santri Kirab Keliling Kota Pringsewu

Pos terkait