Visual Art Rangkaian Festival Gubernur Suryo di Magetan

Visual Art Rangkaian Festival Gubernur Suryo

Beritatrends, Magetan – Visual ART G20 2022 dalam rangka rangkaian Festival Gubernur Suryo tahun 2022, di Cafe Kopi Bara, Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Senin (14/11/2022).

Berbagai kegiatan dilakukan dalam agenda ini, seperti menanam pohon, melukis kanvas 25 meter dengan pewarna alam, sarasehan budaya, pertunjukan Reog, pemutaran film, performance art, dan pameran produk UMKM.

Dalam Sarasehan Budaya yang Sumberdodol Visual Art, juga menghadirkan beberapa narasumber seperti Budayawan Taufik Rahzen yang hadir secara luring serta Perupa Monumen Antroposen Yogyakarta, Franziska Fennert dan dimoderatori oleh Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Arief Rahman.

Joko Trihono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan mengatakan, event seperti ini merupakan salah satu cara untuk memunculkan daya tarik bagi wisatawan agar mau datang ke Magetan. Rangkaian Festival Gubernur Soerjo ini merupakan Agenda dari Provinsi Jatim bekerjasama dengan Pemkab Magetan.

“Gubernur Soerjo merupakan Gubernur Jatim pertama di Jatim dan makamnya ada di Kabupaten Magetan, yang mana beliau merupakan pahlawan Nasional,” ungkapnya.

Joko Trihono berharap, kegiatan kebudayaan seperti ini bisa berdampak untuk bisa sedapatnya mengubah perilaku masyarakat dalam membangkitkan rasa kebangsaan dan membangkitkan perekonomian.

“Semoga Festival Gubernur Soerjo ini bisa dilaksanakan setiap tahunya, dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan festival ini bisa menambah daya tarik Magetan,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Sumberdodol, Karyono mengucapkan terima kasih atas digelarnya rangkaian festival Gubernur Suryo di Desa nya. Pihaknya selaku tuan rumah memohon maaf apabila dalam penyelenggaraan terdapat kekurangan.

“Sebagai Masyarakat Magetan patut bangga karena Kabupaten Magetan mempunyai pahlawan Nasional yaitu Gubernur Soerjo. Selaku tuan rumah saya memohon maaf apabila dalam penyelenggaranya ada kekurangan dan semoga acara ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Baca Juga  Bersih Desa Kendal Dengan Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

Dalam sarasehan budaya ini oleh para narasumber diperkenalkan Gubernur Soerjo adalah seorang pahlawan nasional yang merupakan salah seorang Gubernur Jatim pertama, dan merupakan tokoh penting dalam sejarah perjuangan Bangsa.

Beliau salah satu penggerak para Pemuda dalam rangka serangan 10 Nopember di Surabaya yang di kenang sebagai hari pahlawan 10 Nopember.

Pos terkait