Wabup Rohil Hadiri Acara West Java Digital Services International Festival 2022 di IPDN Jatinangor Jawa Barat

Wabup Rohil Hadiri Acara West Java Digital Services International Festival 2022 di IPDN Jatinangor Jawa Barat

Beritatrends Rohil – Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH bersama Sekretaris Daerah Ferry H Parya hadiri acara West Java Digital Services International Festival 2022, Sabtu (24/12/2022).

Acara yang juga dihadiri oleh para kepala daerah se Indonesia tersebut berlangsung di Balairung Rudini, IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Digitalisasi menjadi cara yang harus dipilih untuk perbaikan tata kelola pemerintahan dengan harapan bila penerapan digitalisasi baik maka penurunan kemiskinan akan terus berjalan dan berdampak membawa iklim investasi ke arah lebih baik.

Selain itu, implementasi digitalisasi tidak sekadar memperbaiki tata kelola melainkan harus memiliki dampak nyata di tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu para kepala daerah diharapkan agar dapat menerapkan digitalisasi melalui Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Dengan hal tersebut maka kepala daerah melalui perangkat yang ada dapat secara cepat membangun SPBE guna mewujudkan birokrasi berdampak bagi masyarakat.

Demikian juga terkait pencegahan korupsi dapat dilakukan dengan penggunaan e-Catalog, dimana aktivitas transaksi pengadaan pemerintah akan terekam secara digital, karena sudah berbasis SPBE. Sehingga, segala sesuatu nya bisa dengan transparan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa, jika penerapan digitalisasi telah berjalan baik, maka persepsi penanganan korupsi juga akan baik.

Masih pada acara yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa, digitalisasi pemerintahan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat mencegah korupsi dan membangun efisiensi.

SPBE ini untuk mencegah korupsi dan menghilangkan hal yang tidak efisien, dan sekarang efisiensi kita semakin baik,” sebutnya.

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH menyampaikan bahwa, pemerintah daerah siap menyukseskan program ini dan melalui OPD terkait telah memulai untuk menerapkan serta menyusun segala sesuatu nya.

Karena hal ini sangat baik bagi sistem di administrasi pemerintahan maupun dampak nya nanti pada masyarakat secara umum,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, juga dihadiri oleh berbagai utusan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pos terkait