Wabup Rohil Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Beritatrends, Rohil – Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH Menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Tahun 2022, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Le Meredien Jakarta ini mengusung tema “Akselerasi Digitalisasi Transaksi Pemda Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Lebih Akuntabel” dan dihadiri oleh para kepala daerah seperti Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia.

Seperti diketahui, menurut perkiraan dan data dari IMF bahwa ekonomi global pada tahun ini diperkirakan tumbuh melambat di tahun 2022 sekitar 3,2% dan pada tahun 2023 2,9%. Ketidakpastian dan tantangan ekonomi global pertumbuhan terkoreksi turun, sementara inflasi terkoreksi meningkat.

Pentingnya transformasi ekonomi berbasis digital menjadi salah satu yang dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia yang berlangsung di Bali beberapa waktu lalu. Kemudian Indonesia menjadikannya sebagai salah satu target yang akan dicapai secara maksimal untuk tingkat nasional.

Guna terus mendorong digitalisasi, khususnya di daerah, pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) pada 4 Maret 2021. Satgas ini dibentuk dalam rangka mempercepat dan memperluas implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

Digitalisasi ini juga menjadi sebuah tujuan, maka diharapkan kepada semua daerah agar bisa mendorong program ini berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satuan Tugas P2DD mengatakan, Digitalisasi menjadi sangat penting untuk mengantisipasi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Kami mohon kepada daerah untuk terus mendorong digitalisasi karena diperkirakan ini menjadi program Indonesia berikutnya sesudah G20 di Indonesia,” ungkapnya.

Selanjutnya Wakil Bupati H Sulaiman SS MH yang didampingi oleh Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir siap untuk melaksanakan dan telah juga mulai menggalakkan pada tiap sisi yang ada. Digitalisasi di daerah akan berkontribusi meningkatkan pendapatan asli daerah dan lainnya.

Turut hadir pada acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johny G Plate, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta para kepala daerah Gubernur, Bupati dan Walikota Se Indonesia.

Pos terkait