Seluruh Wilayah di Magetan Siap Laksanakan Program Jekmil

Beritatrends, Magetan – Dalam upaya meningkatkan pelayan bidang khususnya untuk ibu hamil, program Ojek Ibu Hamil (Jekmil) mulai disosialisasikan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan. Kali ini sosialisasi di gelar di Kantor Kecamatan Poncol, Rabu (7/12/2022) diikuti para driver Jekmil yang bertugas di Kecamatan Poncol.

Pada setiap desa diperuntukan 2 driver Jekmil yang telah dilatih dan diberi pemahaman terkait kesehatan ibu dan anak.

Jekmil merupakan layanan untuk ibu hamil yang tidak mampu datang ke Puskesmas karena suami atau keluarganya tidak bisa mengantar. Sopir Jekmil akan menjemput ibu hamil ke rumahnya, mendampingi ibu hamil selama proses pemeriksaan, dan mengantar kembali ke rumahnya.

Toto Aprijanto Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Magetan mengatakan, program Jekmil telah disosialisasikan di setiap kecamatan di Magetan, total ada 18 kecamatan.

“Sosialisasi ini merupakan tahap awal, kami turun ke setiap kecamatan, Driver kami kumpulkan, kami latih, setelah sudah paham langsung praktek dan kami bekerjasama dengan kepolisian dan Pemerintah Desa untuk ikut mensuport,” terangnya.

Toto Aprijanto menjelaskan, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan pihak kepolisian supaya bisa memberikan pembekalan kepada para driver agar aman berkendara.

“Jadi petugas Jekmil driver harus paham tentang kesehatan ibu, kesehatan anak bagaimana menjaga kehamilan tetap aman dan terkait dengan safety riding dan keamanan berkendara,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selanjutnya akan dilakukan evaluasi kepada setiap driver agar bisa melaksanakan program ini sampai siap dijalankan di seluruh wilayah di Kabupaten Magetan.

Sebagai informasi, layanan Jekmil atau ojek bagi ibu hamil yang diciptakan oleh Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan, Jawa timur ini sebelumnya telah berhasil masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021 lalu.

Pos terkait