Wabup Rohil Sulaiman ,Hadiri Pembukaan MTQ Ke XLII Provinsi Riau Tahun 2024

Beritatrends, Dumai – Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Riau ke XLII Tahun 2024 secara resmi di buka oleh Pj.Gubernur (Gubri) Riau, SF. Haryanto pada, Minggu (21/4/2024) malam di kawanan Dumai Islamic Center tepatnya di Taman Bukit Gelanggang Jalan Subrantas Kota Dumai, Riau.

Hadir pada acara pembukaan MTQ Ke XLII Provinsi Riau, Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Sulaiman,SS dan seluruh Kepala daerah dan wakil kepala daerah se-provinsi Riau, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Provinsi Riau, para mantan Gubernur Riau, Ketua LAM Riau, para pejabat eselon tingkat provinsi riau dan Kabupaten/Kota serta tak kalah penting nya juga hadir tokoh Riau yang juga mantan Menteri Agama RI dimasanya Prof. Dr. H. Said Aqil Husin Al Munawar, M.A. serta para kafilah seluruh Kabupaten/ Kota Se-provinsi Riau.

Acara pembukaan dimulai dengan atraksi Marching band IPDN Padang yang sengaja di hadirkan untuk memeriahkan MTQ Ke XLII Provinsi Riau serta pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qoriah Nasional juara 1 Tahfiz Qur’an Tahun 2018,Kayla Nur Syahwa, hafizah yang pernah menjadi tamu kehormatan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.

Pj.Gubri SF Haryanto dalam sambutan nya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Kepala daerah dan wakil kepala daerah se-provinsi Riau, Forkompinda Provinsi Riau, LAM Riau, Kemenag Riau dan darat, para tokoh Riau yang pernah menjabat Menteri dan Gubernur Riau dimasanya, para pejabat, Dewan Hakim MTQ Ke XLII Provinsi Riau para Kafilah, official, pendamping serta masyarakat yang hadir.

” Berhubung masih di bulan Syawal, atas nama pemerintah daerah Provinsi Riau kami mengucapkan Minal Aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin. Dengan Iven MTQ tingkat provinsi Riau ke XLII ini, mari kita jadikan momen mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar kafilah, pejabat daerah dan masyarakat Riau umumnya ,” kata SF Haryanto.

Baca Juga  Walikota Blitar Bagikan Bansos Rapelan Lansia

Lanjutnya, ” terimakasih kami ucapkan kepada tuan rumah Kota Dumai yang telah memfasilitasi kegiatan MTQ Provinsi Riau Ke XLII tahun 2024 sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Dimana setiap kegiatan MTQ akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dimana dilaksanakan kegiatan MTQ.

Pj. Gubri berpesan kepada dewan hakim MTQ Ke XLII Provinsi Riau dapat bersikap netral, independen dan profesional dalam melaksanakan penilaian. Sehingga hasil juara yang diperoleh oleh Qori-qoriah Riau yang akan diutus pada MTQ tingkat Nasional merupakan yang terbaik.

SF.Haryanto juga menyampaikan bahwa Qori – Qoriah, Hafiz Hafizah yang berhasil dan berprestasi ditingkat nasional maupun internasional akan disamakan dengan prestasi atlet dalam hal pemberian reward atau bonusnya. Hal itu karena pihaknya sudah merubah Pergub mengenai reward atau bonus bagi atlet daerah berprestasi.

“Kami berharap dewan hakim dapat melaksakan tugasnya dengan bersikap netral, independen dan profesional. Dan kami yakin dewan hakim yang sudah dilantik ini memiliki kwalitas di bidangnya masing-masing dan dapat memberikan penilaian yang objektif pada MTQ Ke XLII Provinsi Riau ini,” harap Gubri.

” Kita nanti juga akan memberikan bonus kepada peserta MTQ yang berprestasi tingkat Nasional maupun internasional sebagaimana atlet olahraga daerah berprestasi. Karena kita sudah melakukan perubahan atas Pergub sebelumnya,” ungkapnya.

Gubri juga berharap agar MTQ Ke XLII Provinsi Riau ini tidak hanya menjadi ajang mencari juara tapi juga menjadi sarana dakwah dan pengembangan ukhuwah Islamiah dan menjadikan masyarakat Riau yang religius.

Pembukaan MTQ Ke XLII Provinsi Riau ditandai dengan pemukulan Kompang oleh Pj. Gubri dan Forkompinda Provinsi Riau serta puluhan anak-anak SD berbusana muslimah warna hitam putih. Serta ditutup dengan dakwah serta hiburan lagu lagu religi oleh Ust. Derry Sulaiman.

Pos terkait