Warga Desa Glinggang Gelar Tradisi Metik Pari

Kades Glinggang Riyanto bersama warga menggelar tradisi metik pari

Beritatrends,  Ponorogo – Masyarakat Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo menggelar festival Gumeregah Mupakara Hayuning Budoyo dalam rangka tradisi metik pari atau metik padi.

Dengan membawa ratusan tumpeng dan ingkung ke balai desa setempat, para warga kemudian mengarak menuju ke lokasi titik areal persawahan yang akan dilakukan prosesi metik. Usai prosesi metik warga kemudian berdoa bersama dan diakhiri makan tumpeng bersama.

Kepala Desa Glinggang Riyanto menyampaikan bahwa ritual metik yang dilakukan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang diperoleh.

“Ritual metik ini diikuti seluruh warga Desa Glinggang membawa 300 lebih tumpeng dan ingkung yang diarak di areal persawahan, dan ada juga orang-orangan sawah diarak untuk menghalau hama, “kata Riyanto, Rabu (27/7).

Riyanto menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya nguri-nguri melestarikan tradisi budaya kearifan lokal yang sudah ada turun temurun.

“Ini yang keenam kita menggelar kegiatan ini, usai Covid-19. Kita juga berharap dengan festival ini akan membangkitkan kembali perekonomian warga Glinggang apalagi dengan adanya UMKM di lapangan desa yang bertambah semarak sampai festival lesung, menarik antusias warga desa sekitar datang ke Desa Glinggang, “pungkasnya.

Pos terkait