Warga Panekan Gelar Sedekah Bumi

Warga Panekan Gelar Sedekah Bumi.

Beritatrends, Magetan – Warga Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan mengelar karnaval sedekah bumi dan UMKM, Jumat (14/10/2022) siang. Karnaval ini merupakan rangkaian dari sosialisasi gempur rokok ilegal di Magetan, juga dalam rangka peringatan hari jadi Ke-347 Magetan.

Karnaval diikuti peserta dari seluruh desa dan swasta yang ada di Kecamatan Panekan, yang menampilkan Tari nusantara, pagelaran reog, akustik, hadroh untuk memeriahkan acara.

Adapun rute karnaval sedekah bumi dimulai dari lapangan desa Rejomulyo menuju lapangan kelurahan Panekan.

Warga menampilkan miniatur rokok ilegal, tumpeng yang berisi hasil pertanian dan produk UMKM dari semua desa dan kelurahan di Kecamatan Panekan, dan di arak keliling kecamatan panekan.

Arak-arakan diiringi warga yang mengenakan pakaian tradisional, mengundang ribuan masyarakat di pinggir jalan untuk melihat karnaval itu.

Camat Panekan, Dicong Maleleh mengatakan, karnaval dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta dan mempromosikan hasil UMKM kecamatan Panekan.

“Kita menggelar karnaval hasil bumi dan UMKM dari semua desa dan kelurahan, untuk memamerkan secara langsung kepada masyarakat,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk mengundang massa, acara sosialisasi gempur rokok ilegal di Kecamatan Panekan digelar selama 3 hari dengan berbagai kegiatan, yang berfokus pada peningkatan perekonomian para pelaku UMKM dan para pegiat seni.

“Ada bazar UMKM, pertunjukan anak-anak SD, drum band, ketoprak SMP, tari-tarian, polisi cilik, reog se-Kecamatan Panekan, hadroh, tari Sufi, akustik, konvoi kendaraan jadul dan masih banyak lagi,” jelas Dicong.

Pos terkait