1.500 Pohon Ditanam di Embung Pendem Magetan

  • Whatsapp

Program rehabilitasi hutan dan lahan di Wilayah Embung Pendem.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan di Embung Pendem Desa, yang terletak tepatnya di Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan dilakukan penanaman 1.500 batang pohon, Jumat (26/11/2021).

Adapun jenis pohon penghijauan tersebut antara lain pohon Mangga, Jambu Air, Pohon Jambu Merah, Pohon Sirsat dan Pohon Nangka.

Penanaman pohon ini dihadiri oleh Ir Didik Susanto Kepala Cabang Dinas Perhutanan Cabang Madiun, Camat Ngariboyo Drs Kuswinardi, S.Sos, Danpos Ngariboyo Peltu Hadi S beserta anggota, Kepala Desa Pendem Kusnanto beserta perangkat desa, DLH Magetan, KKPH Lswu, KKPH Madiun, Ketua KTH Wono Asri, Kapolsek Ngariboyo Akp Sini SH beserta anggota.

Ir Didik Susanto Kepala Cabang Dinas Perhutanan Cabang Madiun sekaligus penanggungjawab kegiatan tersebut mengatakan, penanaman pohon kali ini merupakan program dari Dinas Perhutanan Cabang Madiun.

Tujuannya untuk penghijauan di sekitar Embung Pendem agar kedepan bisa menyimpan air tetap terjaga hutan yang ada di sekitar Embung Pendem, Ngariboyo, Magetan.

Selain itu, fungsi penanaman pohon ini agar tidak terjadi longsor dan banjir seperti saat ini yang terjadi di wilayah Malang.

“Pohon yang kita tanam hari ini sebagian merupakan pohon buah-buahan, mari kita pelihara bersama agar bisa bermanfaat bagi Masyarakat Pendem,” ucapnya.

Ia berharap, Penanaman saat ini agar benar-benar di rawat agar bisa hidup dan bisa di nikmati masyarakat sekitar Desa Pendem.

“Penanaman hari ini kita laksanakan bersama warga setempat,” ujar Ir Didik Susanto.

Ia menambahkan, Apa bila kelompok tani mau mengajukan proposal pembibitan silahkan di ajukan ke Dinas Perhutani Madiun.

Sementara, Kepala Desa Pendem Kusnanto menyampaikan terima kasih atas terlaksananya program penanaman pohon bersama dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan di Embung Pendem.

“Mudah mudahan kedepan bisa lebih baik lebih dan lebih hijau,” ucapnya.

Ia menuturkan, selaku pemerintah Desa bila ada kekurangan dalam penyambutan juga meminta permohonan maaf.

“Dengan adanya penanaman pohon ini kedepan bisa bermanfaat bagi Masyarakat Pendem ini,” tutup Kades Pendem.

 

Pos terkait