12 Sekolah di Magetan Sukses Raih Penghargaan Adiwiyata

Penyerahan penghargaan dilakukan simbolis di ruang jamuan Pendopo Surya Graha, Magetan, Selasa (21/12/2021).

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan sukses mengantarkan empat sekolah di Kabupaten Magetan meraih penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Provinsi, tujuh sekolah meraih adiwiyata tingkat kabupaten, dan satu sekolah meraih penghargaan sekolah adiwiyata nasional.

Salain itu, juga satu kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lawu Permai, Lingkungan Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan yang berhasil meraih penghargaan pelestari fungsi lingkungan hidup 2021 kategori penyelamat lingkungan dari DLH Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Keempat sekolah yang sukses meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi, SMPN 1 Magetan, SMPN 1 Karas, SMPN 3 Kawedanan, dan SDN Unggulan.”

“Tujuh sekolah peraih Adiwiyata tingkat Kabupaten diraih SMPN 2 Barat, MIN 16 Magetan, SMPN 1 Bendo, SDN Karangrejo 1, SMPN 3 Maospati, SDN Milangasri 1, SMPN 1 Karangrejo,” jelas Kepala DLH Magetan, Saif Muchlissun,S.Sos. MM.

Penghargaan di bidang pendidikan lingkungan hidup tersebut biasanya setiap tahun selalu diserahkan langsung Gubernur Jatim kepada kabupaten/kota peraih penghargaan. Namun berbeda dengan dua tahun terakhir, karena masih masa pandemi Covid-19, penyerahan dilakukan secara simbolis di ruang pertemuan, Pendopo Surya Graha, Magetan, Selasa (21/12/2021).

Muchlis sapaan akrab Saif Muchlissun juga menekankan bahwa penghargaan ini, khususnya Adiwiyata diberikan hanya kepada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

“Sebelumnya para sekolah telah kita nilai dari tim tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten, mulai evaluasi dokumen dan verifikasi lapangan, mana yang memenuhi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, meraih penghargaan Adiwiyata tidaklah mudah, ini menjadi wujud tanggung jawab para kepala sekolah dan jajarannya untuk bekerja lebih keras dan cerdas menciptakan lingkungan hidup berkelanjutan.

Baca Juga  Disparpora Rohil Mengadakan Pelatihan Disainer

“Penghargaan ini adalah penghargaan untuk pengelola dan penyelamat lingkungan. Semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi kami dan masyarakat untuk bisa lebih peduli lagi kepada lingkungan,” tutupnya.

Secara simbolis penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti. Pihaknya menghimbau kepada setiap sekolah di Magetan untuk ikut serta dalam gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Sekolah.

“Yang telah menerima adiwiyata, baik tingkat kabupaten, Provinsi dan nasional dari sekolah-sekolah sudah banyak. Saya harap pada 2022 nanti bakal lebih banyak lagi yang menerima,” harap Wabub Magetan.

Wabub Nanik Endang Rusminiarti mengaku, telah menyampaikan harapannya tersebut kepada kepala Dinas Dikpora dan DLH Magetan agar dapat terwujud.

“Selain tropi dan penghargaan, peraih juga bakal mendapatkan uang pembinaan,” pungkasnya.

Terdapat beberapa tingkatan pada penghargaan Adiwiyata, yaitu Adiwiyata Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Mandiri.

Tujuan dilaksanakan penyerahan penghargaan lingkungan hidup adalah sebagai bentuk pemberian apresiasi kepada masyarakat dan sekolah yang telah berperan dalam melaksanakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Magetan.

Wabub Magetan Nanik Endang Rusminiarti secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada Hj. Titik Suprawoto Kepala SMP 1 Magetan.

 

Yuni Purwandari Kepala Sekolah SDN Milangasri 1 dan Heny Farida Trisniwati, Kepala SDN Unggulan Magetan usai menerima penghargaan Adiwiyata.

Pos terkait