55 Ribu Pemudik Diprediksi Akan Pulang Kampung ke Magetan, Pemkab Siapkan Pengamanan

55 Ribu Pemudik Pulang Kampung ke Magetan, Pemkab Siapkan Pengamanan

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 55 ribu pemudik diprediksi akan pulang kampung ke Kabupaten Magetan saat hari raya Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Magetan, Suprawoto, saat rapat koordinasi (rakor) persiapan pengamanan jelang lebaran 2023, di Aula Pesat Gatra Polres Magetan, Kamis (13/4/2023).

“Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri. Sebelumnya saya sudah mengadakan rapat internal apa saja yang akan dilakukan, dan hari ini teknis keamanan dan lalu lintasnya. Tentu ini akan menjadikan kita lebih siap karena kita tuan rumah untuk tujuan mudik dan tujuan wisata,” ujar Bupati.

Rakor ini menghadirkan segenap jajaran Forkopimda Magetan, Kepala OPD terkait, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta stakeholder lainnya.

Satu per satu, instansi memaparkan terkait andilnya dalam pengamanan Magetan pada lebaran tahun ini.

Seperti halnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, membahas masalah penanganan tempat wisata, khususnya kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur lebaran.

Kemudian, Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan menyebut, akan menyiapkan sarana prasarana, menggelar ramp check kendaraan, pembatasan operasional mobil barang, hingga pembuatan posko angkutan barang.

Sementara itu, Polres Magetan juga akan menggelar Operasi Ketupat Semeru, mulai tanggal 18 April-1 Mei mendatang.

“Polres Magetan akan menerjunkan 330 personil yang akan diback up oleh Polri dan TNI dan stakeholder lainnya. Beberapa rekayasa apabila ada kepadatan lalu lintas juga telah disiapkan,” kata Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Ridwan.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengantisipasi pada beberapa lokasi yang akan diprediksi mengalami kerawanan, baik rawan laka, macet, dan rawan bencana.

Selain itu, antisipasi terkait aksi terorisme dan sabotase, maraknya hoax di media sosial, masalah kerukunan beragama, miras, pesta narkoba, keterlambatan pasokan BBM, dan masih banyak lagi, juga akan disiapkan Polres Magetan.

Baca Juga  Komandan Kodim 0426 Tulang Bawang Letkol Kav Joko Sunatro Laksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di Kediaman H Roma

“Mari bersama-sama untuk selalu bersinergi agar bagaimana pelaksanaan perayaaan hari raya Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan kondusif,” ajak Kapolres.

Pos terkait