Dinkes Sidak Mamin Jelang Hari Raya

Beritatrends, Magetan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan melakukan Inspeksi Mendadak Makanan dan Minuman (Sidak Mamin) ke sejumlah toko dan swalayan yang ada di wilayah Kabupaten Magetan.

Salah satu kegiatan sidak tersebut dilakukan di Minimarket Abi Mart, Jalan Imam Bonjol, Magetan, Kamis (13/4/2023) pagi.

Petugas dari Dinkes langsung memeriksa satu persatu jajanan makanan dan minuman kemasan yang dipajang di etalase.

Kepala Dinkes Magetan, Rohmat Hidayat mengatakan, Pemeriksaan Mamin meliputi pelabelan, kode produksi, komposisi, masa kedaluwarsa, produk, izin edar hingga penataan produk.

“Sidak dilakukan untuk memastikan Mamin yang dibeli konsumen aman dan sesuai dengan standar,” terangnya.

Apa lagi saat masa menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti ini, kebutuhan masyarakat dalam menyiapkan makanan dan minuman cenderung meningkat.

Ia meminta para pemilik usaha untuk memberikan perhatian lebih terhadap keamanan produk yang dijual, karena menyangkut kesehatan masyarakat.

“Apa bila ditemukan produk yang bermasalah agar di tarik atau dikembalikan kepada supplier. Pada sidak kali ini tidak diberikan sanksi apapun karena masih berbentuk pembinaan, mengingatkan, dan menghimbau kepada penjual,” ujar Rohmat Hidayat.

Rohmat Hidayat menambahkan, inspeksi mendadak masih akan digelar serentak di sejumlah pertokoan di Kabupaten Magetan. Dinkes juga mengimbau masyarakat untuk lebih teliti saat berbelanja. Sehingga produk yang dikonsumsi benar-benar aman.

“Saat ini juga dilakukan sidak secara serentak di setiap wilayah Puskesmas, dengan mengambil beberapa sampling,” ungkapnya.

Baca Juga  UPTD Non Rawat Inap Indraloka Jaya Pasien OGDJ Prioritas Dengan Program Kesehatan Jiwa

Pos terkait