80 PPKS di Magetan Dapat Bantuan Atensi dari Kemensos RI

Bantuan Atensi dari Kemensos RI

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 80 peserta Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Magetan Jawa Timur menerima Bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Bantuan disalurkan melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, di Gedung Karang Taruna Magetan, Rabu (27/03/2024).

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana mengatakan, bantuan yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan hidup layak seperti sembako, nutrisi, dan peralatan olahraga.

Selain itu, pelatihan vokasional dan/atau pembinaan kewirausahaan, serta dukungan aksesibilitas berupa alat bantu dengar pun turut diserahkan.

“Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Pemkab melalui Dinas Sosial yang telah melakukan assessment untuk kemudian diusulkan pada kami. Dan ini adalah triwulan pertama penyaluran,” jelasnya.

Bantuan Atensi, lanjut Iyan, disalurkan kepada para penerima manfaat, yakni dari kluster anak, lanjut usia, dan penyandang disabilitas dengan nilai total bantuan lebih dari Rp 167 juta. “Bantuan ini harus wajib dikonsumsi dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” pesan Iyan.

Sementara itu, Pj. Bupati Magetan yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Suwito, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Kemensos RI.

Menurutnya, bantuan ini akan dapat membantu meringankan beban masyarakat Magetan sekaligus menekan ketelantaran bagi kelompok rentan.

“Kami berharap atensi senantiasa dilakukan untuk membantu meringankan masyarakat yang masuk dalam kategori PPKS. Mudah-mudahan dapat menginspirasi agar turut peduli untuk meringankan beban PPKS yang ada di sekitar kita,” ungkapnya.

Kedepan, pihaknya menyebut akan kejar target maksimal dalam pengusulan penerima bantuan untuk Triwulan selanjutnya. Ditambah, adanya program rilisan baru dari Kemensos berupa Operasi Katarak Gratis.

Baca Juga  Tinjau Serbuan Vaksinasi AKABRI 1998, Kapolri: Wujud Sinergitas TNI-Polri Tekan Pertumbuhan Covid-19

Pos terkait