Antisipasi Karhutla Gunung Lawu Menjalar ke Pemukiman, Pemkab Magetan Siagakan Mobil Damkar di Cemoro Sewu

Pemkab Magetan Siagakan Mobil Damkar di Cemoro Sewu

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan menyiagakan mobil damkar (pemadam kebakaran) di Basecamp Jalur Pendakian Cemoro Sewu, masuk Desa Ngancar Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, Jumat (20/10/2023).

Hal ini menyusul api pada karhutla Gunung Lawu sisi selatan yang terpantau sempat mendekati ilaran di petak 73 pada Kamis (19/10/2023) malam, dengan jarak sekitar 1,5 kilometer.

Kalaksa BPBD Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan, petugas pemadam kebakaran dikerahkan guna mengantisipasi api yang mendekati kawasan pemukiman.

“Berkaca seperti kejadian tahun 2015 kemarin kan api sudah sampai pemukiman, artinya damkar masih bisa menjangkau dengan melakukan penyemprotan. Kalau sekarang ini damkar hanya siap-siap ketika terjadi api sampai ke pemukiman,” jelasnya.

Kepala Satpol PP dan Damkar Magetan, Rudi Harsono menambahkan, pihaknya menyiagakan 2 unit mobil damkar dan sedikitnya 6 personil di Basecamp Cemoro Sewu.

Ia menjelaskan, bahwa penghalauan api dapat dijangkau hingga 500 meter dari lokasi armada.

“Apapun yang bisa kita bantu untuk pemadaman atau pembasahan ya kita lakukan. Jangkauannya sampai setengah kilometer,” ujar Rudi.

Selain penyiagaan mobil damkar, terpantau di Basecamp Cemoro Sewu juga terdapat 1 truk tangki air milik PMI Magetan.

Sementara itu, Tim penanganan karhutla Gunung Lawu yang bertugas hingga kini masih terus bersiaga dan melakukan pemantauan. Pun pembuatan ilaran, pemadaman darat, dan pembasahan pipa air milik warga juga terus dimaksimalkan.

Baca Juga  Kejari Tuba Diminta Unjuk Nyali Usut Dugaan Korupsi Di DPRD dan Pemda

Pos terkait