PHE OSES BERSAMA NELAYAN GAGAS PEMASANGAN RUMPON DI PESISIR LAUT DESA MARGASARI

 Pemasangan Rumpon  di Pesisir Laut Desa Margasari

Beritatrends, Lampung Timur – Perusahaan Migas Pertamina Hulu Energi, Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) bersama Nelayan gagas pemasangan Rumpon di Pesisir Laut Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Pelaksanaan tersebut didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Dinas Perikanan dan Peternakan Lampung Timur, bersama Kelompok Usaha Bersama (KUB) Cahaya Bintang Samudra dan Pokmaswas Jaya Bahari Abadi di desa setempat.

Pelaksanaan pemasangan pertama dilakukan pada tanggal 25 Februari 2024 dan diikuti dengan pemasangan kedua pada 16 Maret 2024.

Indra Darmawan, Head of Communication, relation & CID PHE OSES, menyatakan penanaman rumpon di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur ini merupakan upaya untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di sekitar wilayah operasi PHE OSES.

“Pemasangan rumpon ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup ikan serta sebagai upaya meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat” jelasnya, dalam keterangannya pada Jum’at (26/4/2024).

Menurutnya dari segi ekonomi, pemasangan rumpon ini juga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat. Rumpon yang dipasang di perairan tersebut berperan sebagai alat bantu tangkap untuk tempat berkumpulnya ikan. Dengan demikian, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan populasi ikan di perairan sekitar.

Selain itu, titik-titik rumpon yang menjadi atraktor bagi ikan-ikan dapat diidentifikasi dengan mudah sehingga nelayan bisa menghemat bahan bakar dan biaya perjalanan. Hal ini diharapakan mampu meningkatkan pendapatan dan memperkuat ketahanan perekonomian lokal.

Meskipun terjadi penundaan akibat faktor cuaca, pemasangan kedua jenis rumpon berjalan lancar. Sebanyak 4 rumpon masing-masing diangkut menggunakan kapal dan dipasang sesuai dengan rekomendasi dari DKP Provinsi Lampung.

“Langkah ini menegaskan keseriusan para pihak dalam mendukung keberlangsungan sumber daya ikan lokal, meningkatkan jumlah tangkapan dan menghemat biaya operasional nelayan secara berkelanjutan, serta turut berkontribusi menjaga ekosistem laut” tandasnya.

Baca Juga  PPK Pangarengan Telah Melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Tingkat Kabupaten

Informasi Umum:
PT PHE OSES merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tergabung dalam Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PHE ONWJ, dan Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja PHE OSES terletak di provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung.

Pos terkait