Bakesbangpol Magetan Gelar Pengajian Umum di Masjid Al Fattah Ngariboyo

  • Whatsapp

Bakesbangpol Gelar Pengajian Umum di Masjid Al Fattah, Dusun Ngeleng, Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Magetan.

Beritatrends, Magetan – Bakesbangpol Kabupaten Magetan mengelar Pengajian Umum dengan Merajut Kebersamaan Dan Toleransi Dengan Berwawasan Kebangsaan Dalam Bingkai NKRI di Masjid Al Fattah, Dusun Ngeleng, Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Magetan, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Drs. Chanif Tri W, M.Si Kepala Bakesbangpol Magetan, Ustad Ikshan Kepala Sekolah Mts Poncol, bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Baleasri, Juremi Kepala Desa Baleasri, serta Jamaah Muslimat Masjid Al Fattah dan masyarakat setempat.

Drs. Chanif Tri W, M.Si, Kepala Bakesbangpol Magetan menyampaikan, Bapak Bupati Magetan tidak bisa hadir karena ada kegiatan di luar kota.

Bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan menanamkan semangat jiwa dan semangat kebangsaan sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila dan UUD 1945.

Juga untuk memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa terutama dalam menghadapi globalisasi serta menjaga eksistensi bangsa dari berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik dari dalam maupun luar negeri.

“Sejak bergulirnya era reformasi, semangat kebangsaan mayoritas bangsa Indonesia mengalami penurunan, rasa kebangsaan sebagai bangsa Indonesia mulai memudar, setiap komponen bangsa sibuk dengan kepentingan masing-masing dan berupaya untuk selalu mengutamakan kepentingan kelompok dan golongannya di atas kepentingan bangsa dan negara,” terang Drs. Chanif Tri W.

Lanjutnya, Saat kondisi ekonomi belum sepenuhnya pulih, gangguan keamanan datang silih berganti, dari yang berupa teror bom, sampai dengan konflik horisontal maupun vertikal, setiap pihak lebih suka memaksakan kehendak dan mengutamakan kekuatan fisik untuk memperjuangkan tujuannya.

“Kunci untuk menyelesaikan permasalahan bangsa ini adalah dengan menggelorakan kembali semangat kebangsaan, menumbuhkan kesadaran untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan serta menumbuh kembangkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dikalangan seluruh elemen masyarakat, PNS, tokoh agama dan generasi muda,” jelas Drs. Chanif Tri W.

Dalam upaya membangun kerukunan hidup antar umat beragama, serta mengurangi konflik sosial dan tindak kekerasan yang terjadi pada masyarakat, maka mengajak seluruh komponen bangsa untuk menyamakan langkah dan meningkatkan persaudaraan yang kemudian diwujudkan dalam agenda agenda kongkrit, untuk menuju perbaikan dalam sistem bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita dan dapat mewujudkan iklim kondusif, aman dan tentram di Kab. Magetan dibawah naungan dan ridho Allah SWT,” tutupnya.

Pada pengajian tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis buku Yasin (100 buah) oleh Drs. Chanif Tri W, Kepala Bakesbangpol Magetan kepada takmir masjid Al Fattah.

Selanjutnya Pengajian umum juga diisi Tausyiah oleh Ustad Ikshan Kepala Sekolah Mts Poncol.

Pos terkait