Bekas Bioskop Pasar Baru Magetan Kini Dibuka Untuk Gedung Kesenian

Pasar Baru Magetan ada Gedung Kesenian

Beritatrends, Magetan – Aset gedung kesenian di Kabupaten Magetan bertambah satu. Ini setelah Bupati Magetan Suprawoto meresmikan ‘Gedung Kesenian Mahendra’, Senin (04/09/2023) malam.

Gedung kesenian tersebut tak berdiri di atas lahan baru. Pemerintah daerah setempat memanfaatkan kembali bekas gedung bioskop yang pernah eksis pada masanya itu. Tepatnya di lantai dua Pasar Baru.

Awalnya, Bupati Suprawoto, penggagas ide ini merasa ‘eman-eman’ (menyayangkan), usai melihat kondisi gedung bioskop yang telah bertahun-tahun tak aktif dan penuh dengan kotoran kelelawar.

“Mudah-mudahan bisa difungsikan dengan baik apabila diperlukan untuk kegiatan indoor. Saya sebagai Bupati hanya ingin menciptakan ekosistem seni dan ditempatkan disini, daripada jadi sarang kelelawar,” harapnya.

Gedung Kesenian Mahendra yang berkapasitas hingga 300 tempat duduk ini, rencananya akan diisi berbagai macam pertunjukan. Tujuannya, menciptakan ekosistem seni di Magetan dan tentunya menarik wisatawan.

“Gedung ini supaya jadi tempat untuk anak kesenian berkreasi. Ini tempatnya rakyat, gedungnya milik rakyat, jadi siapapun boleh menggunakannya,” kata Bupati.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, Joko Trihono mengamini, jika eks gedung bioskop disediakan sebagai wadah berkarya para kelompok seni.

“Secara prinsip seperti petunjuk Pak Bupati akan kita benahi sedikit demi sedikit untuk kekurangannya, nanti bertahap ya,” kata Joko.

Untuk diketahui, penampilan perdana di Gedung Kesenian Mahendra menyuguhkan ‘Tari Pethilan’, yaitu tari berpasangan yang mengangkat cuplikan kisah pewayangan Rama dan Shinta. Suara gelak tawa penonton juga pecah saat menyaksikan penampilan dari Dagelan Cak Yudho dan Andik TB.

Baca Juga  Gelar Rakercab II GP Ansor Kabupaten Mojokerto,Dukung Gus Barra Maju di Pilbup 2024

Pos terkait