BPBD Magetan Gelar Bimtek di Batu, Tingkatkan Kapasitas Personil

Beritatrends, Magetan – Sebagai upaya meningkatkan kapasitas personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, dilakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Spencer Green Hotel, Punten, Kota Batu, pada 29-30 Desember 2024.

Bimtek ini melibatkan dua aparatur BPBD Jawa Timur yang memberikan materi terkait manajemen penanggulangan bencana dan optimalisasi sumber daya dalam penanganan darurat bencana.

Kalaksa BPBD Magetan, Ari Budi Santosa, mengungkapkan bahwa manajemen penanggulangan bencana memerlukan personil yang handal dan tangguh. Dalam konteks ini, Bimtek menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Tim BPBD Magetan dalam pendataan awal, kaji cepat, dan respon cepat terhadap kejadian bencana.

Personil BPBD Magetan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan khusus dalam melakukan kaji manajemen penanggulangan bencana. Hal ini mencakup pelayanan dan respons darurat yang efektif serta peningkatan sistem manajemen yang dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek,” kata Ari.

Dia menekankan bahwa Bimtek ini merupakan langkah konkret untuk memperkuat kapasitas personil BPBD Magetan, terutama dalam konteks sumber daya manusia yang esensial untuk penanganan bencana di wilayah setempat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan dalam kemampuan, ketrampilan, dan kinerja aparatur BPBD, yang pada akhirnya akan mendukung upaya penanggulangan bencana yang lebih efektif di masa depan.

Pos terkait