Buka Pelatihan Foto Produk IKM, Wali Kota Madiun Harapkan Pemasaran Produk Makin Optimal

BUKA PELATIHAN- Wali Kota Madiun, Maidi membuka pelatihan foto produk bagi industri kecil menengah (IKM) Kota Madiun yang digelar kerjasama Pemerintah Kota Madiun dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri di Ruang 13 Balai Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kota Madiun bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri menggelar pelatihan foto produk bagi industri kecil menengah (IKM) Kota Madiun di Ruang 13 Balai Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023).

Saat membuka pelatihan tersebut, Wali Kota Madiun, Maidi mengharapkan pelatihan fotografi bagi pelaku industri kecil menengah dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha. Dengan demikian, produk milik IKM pemasarannya makin optimal.

‘’Dari pelatihan ini, saya harapkan dapat bermanfaat banyak bagi pelaku IKM di Kota Madiun. Selain itu, produk-produknya pun makin maksimal pemasaarannya. Dan Semoga ini bisa menjadi bekal pelaku usaha untuk go internasional,’’ kata Maidi.

BERSAMA IKM– Wali Kota Madiun, Maidi berfoto bersama dengan pelaku IKI yang mengikuti pelatihan foto produk bagi industri kecil menengah (IKM) Kota Madiun di Ruang 13 Balai Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023).

Mantan Sekda Kota Madiun ini mengatakan Pemkot Madiun terus melakukan pembangunan agar produk UMKM ataupun IKM di Kota Madiun penjualannya terus melejit. Pasalnya pembangunan berbagai sarana wisata menjadi daya tarik orang datang ke Kota Madiun.

‘Adanya tol dari Solo langsung ke Surabaya, para ahli menyatakan bahwa Kota Madiun akan ditinggalkan. Namun, saya ubah kekurangan ini menjadi kelebihan. Salah satunya, dengan menciptakan magnet-magnet wisata,’’ jelas Maidi.

Maidi mengatakan pembangunan berbagai fasilitas wisata dan lapak memberikan dampak positif bagi UMKM di Kota Madiun. Hal itu terbukti saat pandemi para pelaku UMKM tetap bisa bertahan melalui kebijakan yang diberikan wali kota.

Baca Juga  Penanaman Perdana Eco Bamboo Park, Siap Mewujudkan Iconnya Magetan

Sementara itu Kepala OJK Kediri Bambang Supriyanto menyatakan selain menyediakan narasumber, OJK Kediri juga memberikan modal bagi pelaku usaha.

Bentuknya, berupa sebuah Mini Studio Lightbox yang dapat meningkatkan hasil foto produk

Untuk materi pelatihan foto produk diberikan oleh Jimboeng Photography, seorang fotografer profesional asal Solo, Jawa Tengah yang juga langganan Presiden Joko Widodo dan keluarga.

Saat pelatihan berlangsung, pelaku IKM diajari cara menggunakan mini studio lightbox yang diberikan OJK Kediri. Tak hanya itu, pelaku IKM juga diberikan pelajaran cara mengambil angle kamera yang pas untuk pengambilan gambar produk.

Yani Suni salah satu pelaku usaha IKM rempah instan dan makaroni mengakui pelatihan foto produk IKM sangat membantu memajukan usahanya.

Pasalnya selama ini dirinya hanya mengandalkan foto seadanya untuk memasarkan produknya.

“Dengan pelatihan ini saya jadi percaya diri untuk memfoto produk saya menjadi semakin bagus dilihat. Dengan demikian, produk saya jadi menarik untuk dijual meski saya hanya bermodal kamera handphone saja,” demikian Yuni.

Pos terkait