Camat Bangko Tinjau Pelaksanaan PIN Polio di Beberapa Posyandu

Camat Bangko 

Beritatrends,  Rohil – Camat Bangko Iswandi Putra, STTP di dampingi Kepala Puskesmas Bagan Punak dr. Rabiatun Manhusni melakukan peninjauan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional ( PIN) di Posyandu Cempaka Biru Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Senin (23/7/2024) di Jalan Kecamatan Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir Kecamatan Bangko, Rohil Provinsi Riau.

Iswandi Putra menyampaikan bahwa pelaksanaan PIN Polio tahap II tahun 2024 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dimana pelaksanaan secara Nasional dipusatkan di Papua pada hari ini 23 Juli 2024.

” Hari ini tanggal 23 Juli sesuai dengan jadwal dari pemerintah pusat bahwa kita seluruh posyandu melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio serentak di Kecamatan Bangko. Alhamdulillah kegiatan PIN Polio hari ini berjalan lancar dan sukses serta antusias masyarakat nampak begitu tinggi untuk datang ke posyandu membawa anak-ananya untuk diberikan dua tetes imunisasi polio,” kata Iswandi Putra.

Lanjutnya, ” Harapan kita nanti pada gelombang kedua PIN Polio pada bulan Agustus 2024 nanti sama antusias nya seperti pada hari ini. Dengan memberikan dua tetes imunisasi polio kepada anak usia 0-7 tahun, anak-anak kita terhindar dari penyakit polio. Karena penyakit polio hanya dapat dicegah,” ucapnya.

Di Kecamatan Bangko Rokan Hilir ini dikatakan Iswandi Putra memiliki dua puskesmas, yang mana pada pelaksanaan PIN Polio serentak ini pihaknya melakukan peninjauan dibeberapa posyandu dibawah pembinaan Puskesmas Bagansiapiapi dan Puskesmas Bagan Punak.  Dimana sebelum pelaksanaan PIN Polio ini, dari pihak pemerintah, puskesmas, Kepenghuluan serta Ibu PPK turut menghimbau kepada masyarakat agar para orang tua dapat membawa anaknya ke posyandu untuk diberikan dua tetes imunisasi Polio.

“Sama-sama kita ketahui bahwa Polio ini hanya dapat kita cegah, jadi sebelum pelaksanaan PIN Polio serentak, Pemerintah Daerah bersama Dinas Kesehatan, Dinas terkait lainnya, puskesmas, Tim Penggerak PKK, Pemerintah Kepenghuluan sudah melakukan himbauan agar masyarakat membawa anaknya ke posyandu untuk melaksanakan Pemberian Imunisasi Polio kepada anak, Alhamdulillah antusias masyarakat tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga  Peringati HKN ke-58 Tahun, Bupati Rohil Ajak Seluruh Insan Kesehatan, Tinggkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Iswandi Putra juga berharap dengan suksesnya pelaksanaan PIN Polio ini, tidak ada lagi ditemukan kasus Polio di Rokan Hilir  khususnya di Kecamatan Bangko.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bagan Punak, dr. Rabiatun Manhusni menyampaikan bahwa kegiatan pemberian imunisasi polio serentak pada Pekan Imunisasi Nasional Polio tahun ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit polio dengan memberikan tetes  imunisasi Polio kepada anak usia 0-7 tahun.

Adapun target yang akan dicapai pada pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap II ini dikatakan dr. Rabiatun Manhusni sekitar 95 persen dari sasaran yang ada yaitu anak usia 0-7 Tahun 11  bulan.

Dikatakan Rabiatun bahwa pelaksanaan PIN Polio ini dilaksanakan dua putaran yaitu putaran pertama dimulai Tanggal 23 -29 Juli 2024 sedangkan putaran kedua dimulai pada tanggal 6 dan berakhir pada 12 Agustus 2024.

” Kami dari Puskesmas berharap kepada masyarakat agar antusias terhadap pelaksanaan PIN Polio ini dengan membawa anaknya yang berusia 0-7 tahun ke posyandu untuk diberikan tetes imunisasi polio. Kita juga berharap pelaksanan pemberian Imunisasi Polio di Rokan Hilir khususnya di wilayah kerja Puskesmas Bagan Punak mencapai 100 persen dari 95 persen sasaran yang di targetkan pemerintah daerah,” Kata Rabiatun.

Lanjutnya,” Sebagai kepala Puskesmas saya berharap pelaksanan PIN Polio ini dapat terlaksana dengan baik , target 95 persen tercapai serta tidak ada kasus Polio di daerah Kecamatan Bangko,” harapnya.

Sementara itu, Penanggung jawab Polindes dan Posyandu Cempaka Biru Labuhan Tangga Hilir, Ners Neli, S.Kep menyampaikan bahwa pihaknya bersama kader posyandu akan melaksanakan PIN Polio ini sebaik mungkin sampai mencapai target.

Neli mengatakan bahwa balita yang ada di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir sebanyak 281 orang, pada hari pertama pelaksanaan PIN Polio pihaknya menargetkan pelaksanaan pemberian imunisasi polio kepada 190 anak yang menjadi sasaran dari usia 0-7 tahun.

Baca Juga  1000 Lansia Jalani Vaksinasi di Tebing Tinggi, Kapolda Sumut : Kelompok Rentan Prioritas

” Pelaksanaan pemberian imunisasi polio ini kami laksanakan dari jam 08:00 WIB sampai  jam 14:30 WIB dengan target pemberian imunisasi polio kepada anak usia 0-7 tahun pada hari ini sekitar 190 anak dan sisanya pada hari berikutnya. Jika target belum tercapai  maka kami akan melakukan weeping dari rumah kerumah,” kata Ner.Neli, S.Kep.
Pada kesempatan tersebut, TP KK Kecamatan Bangko dan TP Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir memberikan asupan makan tambahan berupa telur dan roti gandum kepada balita yang hadir di Posyandu Cempaka Biru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *