Cara menjadi Youtuber dan menghasilkan uang

  • Whatsapp
cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang
cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang

Menjadi Vlogger atau video blogger yang di indonesia umum disebut Youtuber jadi profesi yang saat ini banyak diminati anak muda milenial. Kali ini kita akan bahas tentang Cara menjadi Youtuber dan menghasilkan uang dari konten video yang kita buat. Jadi buat kamu yang masih bingung bagaimana membangun channel Youtube dan mendaftar program monetisasi youtube untuk mendapatkan uang, ikuti panduan lengkap kami tentang cara menjadi video blogger yang terbaru dan terupdate.

Sebelum membahas bagaimana dengan menjadi video blogger di Youtube dan mendapatkan penghasilan. ada baiknya anda mengenal dulu apa itu vlogger? apa yang perlu dipersiapkan menjadi vlogger alias video blogger? Bagaimana membangun atau memulai channel youtube anda?

cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang
cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang

Cara menjadi Youtuber dan menghasilkan uang dari video

Sejak diluncurkan 16 tahun yang lalu, kini youtube menjadi salah satu situs mesin pencari kedua setelah google yang paling banyak dikunjungi. Pada awalnya dulu, Youtube hanya menjadi tempat orang orang menonton video lucu dan platform untuk membuat buku harian video buat teman serta anggota keluarga. Namun lama kelamaan youtube kini menjadi situs video blogger atau video creator berbagi dan memasarkan hasil karya mereka untuk mendapatkan subscriber serta penghasilan.

Sedikit kilas balik perjalanan youtube. Setahun setelah diluncurkan, Google membeli youtube di 2006. setelah dua tahun dibawah google, youtube berkembang pesat sebagai komunitas video creator dan pada akhirnya di tahun 2008 google mulai meluncurkan program monetisasi untuk membantu para video blogger mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang di video yang mereka buat.

Saat ini banyak youtuber di indonesia bahkan di dunia mendapat penghasilan yang sangat besar dari saluran youtube dan video yang mereka buat. Banyaknya penghasilan youtuber inilah yang menarik banyak minat anak muda sekarang menjadi vlogger dengan memanfaatkan saluran youtube. Namun menjadi youtuber sukses dan mulai menghasilkan pendapatan dari video yang anda buat bukanlah hal yang mudah. anda perlu waktu, tenaga dan dedikasi tinggi.

Cara Youtuber menghasilkan uang pada dasarnya ada pada 3 sumber pendapatan. Yaitu melalui :

Program adsense youtube publisher

Adsense Youtube adalah program monetisasi akun youtube atau saluran youtube dalam bentuk kerjasama periklanan antara pemilik konten dan Google sebagai pemilik youtube serta penyedia jasa periklanan. Namun untuk bergabung dalam program adsense youtube ada beberapa syarat yang harus dimiliki agar diterima. adapun syaratnya sebagai berikut :

  • Saluran atau channel youtube anda harus memiliki 1000 subscriber atau pelanggan channel
  • Saluran anda harus memiliki minimal 4000 jam tayang dalam kurun waktu 1 tahun atau 12 bulan.

Menjual Merchandise dan endorse produk

Saluran dengan banyak pelanggan atau subscriber bisa menjual merchandise seperti kaos, poster dan lain lain kepada pelanggan channel. Selain itu youtuber bisa membuat konten video endorse produk dari sponsor.

Menjadi affiliate Produk

Vlogger di youtube bisa menyematkan link affiliasi dari produk yang terdapat atau terkait dalam video yang dibuat. Para youtuber bisa mendapatkan pembagian profit dari penjualan produk yang didapat dari pembeli produk yang membeli melalui link affiliate yang disematkan di video

Bagaimana membuat vlog dan cara youtuber bisa menghasilkan uang

Panduan langkah demi langkah ini akan menjawab semua pertanyaan tentang “cara memulai vlog” dan membuat Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi vlogger YouTube yang sukses. Kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui dan memberi Anda ide dan tips serta trik vlog yang akan membantu Anda mendapatkan banyak subscriber atau pelanggan saluran youtube anda.

Sebelum mulai membuat vlog, Anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan penelitian (bagaimana membuat saluran Anda menonjol), menemukan peralatan yang tepat (kamera, mikrofon, tripod, pengaturan pencahayaan, perangkat lunak pengeditan, dll.). Memahami Pedoman YouTube agar Anda dapat menghindari teguran hak cipta atau masalah serupa. Kemudian datang proses vlogging yang sebenarnya, dan tentu saja, mengedit, menerbitkan, mempromosikan, dan lain sebagainya.

 Berikut ini adalah tips untuk mengembangkan saluran vlog anda

  1. Riset, Pilih tema atau topik yang sesuai dengan kemampuan anda.

Jika anda bukan orang terkenal atau pesohor, anda harus mengandalkan video atau konten yang menarik untuk mendapatkan pelanggan channel Youtube anda. Oleh karena itu Langkah awal adalah lakukan penelitian untuk mendapatkan ide dan tema untuk saluran anda yang membuat banyak orang tertarik untuk berlangganan.

Pilih tema yang anda sukai dan kuasai, sehingga anda tetap bersemangat membuat video serta memberikan informasi yang menarik serta mendalam terhadap topik dalam video yang dibuat. Banyak contoh tema yang memiliki potensi penggemar atau pelanggan seperti tutorial memasak cepat, tips memperbaiki rumah, tips kecantikan, tips Kesehatan dan masih banyak lagi ide serta tema lain. Cobalah untuk mengunjungi channel di Youtube yang memilik banyak subscriber selain saluran milik selebritis. Amati dan mungkin anda akan menemukan banyak ide menarik dari beberapa channel Youtube itu.

  1. Identifikasi kebutuhan dan keinginan calon pelanggan saluran anda.

Setelah Anda memutuskan niche Anda, Anda dapat mulai mengidentifikasi target pelanggan channel anda. Pikirkan tentang apa yang membuat mereka tertarik dengan video anda. Pastikan video, grafik, dan bahasa tulisan dan lisan Anda menarik bagi mereka dan sesuai dengan topik atau tema yang anda pilih.

  1. Mulailah dengan peralatan yang anda miliki dan pahami

Anda tidak harus menggunakan kamera mahal, lampu, serta perangkat lunak edit video berbayar untuk memulai vlogging. Banyak vlogger atau youtuber besar awalnya memulai dengan alat yang sudah mereka miliki, kemudian berkembang menjadi berinvestasi pada kamera dan peralatan lain yang lebih baik dan mahal seiring pertumbuhan saluran youtube mereka.

Jika Anda memiliki smartphone, Anda dapat melakukan semua pembuatan film, pengeditan, dan pengunggahan melalui itu. Smartphone saat ini memiliki kamera berkualitas tinggi yang ideal untuk merekam video yang bagus, dan banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengedit video. Jadi untuk awal, cukup gunakan smartphone, laptop, atau kamera digital yang sudah dimiliki.

Vlogger profesional yang menginginkan tampilan dan nuansa yang lebih canggih membutuhkan peralatan kelas atas. Jika Anda berada pada tahap itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam kamera dan peralatan yang canggih untuk mendukung video yang dihasilkan.

  1. Buat channel Youtube anda.
cara membuat channel YT
cara membuat channel YT

Proses pembuatan saluran YouTube sekarang jauh berbeda dari tahun-tahun yang lalu, terutama karena sekarang sudah terintegrasi ke dalam akun Google Anda. Setelah Anda mengaturnya, Anda dapat membuat saluran YouTube Anda. Anda dapat menyesuaikan fitur tambahan seperti tab Tentang, sampul saluran, tautan ke profil atau situs web sosial lain dan masih banyak lagi.

Mengunggah video ke YouTube sangat mudah. Di web, cukup tekan tombol Unggah di sudut kanan atas untuk memilih file video dan isi informasi yang diperlukan seperti judul, deskripsi, dan tag. Anda juga dapat mengunggah melalui aplikasi video YouTube resmi dari ponsel cerdas atau komputer tablet Anda. Ini adalah opsi yang bagus untuk vlogger biasa yang melakukan semua pembuatan film mereka di perangkat seluler mereka dan tidak ingin membuang waktu untuk mentransfer video mereka ke komputer hanya untuk mengunggahnya.

  1. Promosikan Video Anda dan Bangun Pemirsa

Memfilmkan, mengedit, dan mengunggah vlog Anda sering kali merupakan bagian yang mudah. Bagian yang sulit datang ketika Anda bersaing dengan semua vlogger dan pembuat konten lain untuk mendapatkan pemirsa atau subscriber.

Vlogger populer sering mempromosikan vlog mereka di semua jenis situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lain-lain. Mempromosikan vlog Anda di media sosial adalah langkah pertama yang penting, tetapi ada banyak triks lainnya untuk membangun audiens.

Jadi Bagaimana? sudah paham cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang? Segeralah mulai menjadi vlogger dan pastikan anda memiliki dedikasi tinggi untuk memulai perjalanan menjadi video blogger.

 

 

 

 

 

Pos terkait