Cegah Banjir BPBD Magetan Cek Sungai di Wilayah Kecamatan Plaosan

  • Whatsapp

Beritatrends, Magetan – Apel pengecekan (penyusuran) sungai di wilayah Kecamatan Plaosan, bertempat di Kantor Perhutani Lawu, Sabtu (13 November 2021)

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa SH. mengatakan, saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan yang mana dapat menimbulkan dampak negatif di wilayah Kab. Magetan salah satunya wilayah Kec. Plaosan dan Kec. Poncol yang terletak di lereng Gunung Lawu, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau sedang rawan bencana alam tanah longsor dan banjir.

“Dalam menghadapi musim penghujan ini kita harus lebih waspada terhadap bencana alam berupa angin puting beliung dan juga tanah longsor hingga terjadinya banjir dikarenakan dari hutan yang alih fungsi menjadi pertanian,”terang Ari Budi.

Meskipun sudah dilaksanakan gerakan reboisasi namun sampai saat ini pohon yang ditanam belum ada yang tumbuh besar yang dapat berfungsi untuk menahan resapan air.

“Untuk mengurangi terjadinya genangan air di sungai dan terjadi banjir hari ini akan melaksanakan pengecekan dan penyusuran sungai serta membersihkan bantaran sungai biar aliran air lancar,”papar Ari Budi.

Pelaksanaan susur sungai di bagi dua yaitu Sungai Pundak Kiwo Desa Ngancar Kecamatan Plaosan dan Sungai Tirto aliran dari Dukuh Ngluweng Kelurahan Sarangan karena kedua sungai tersebut berdekatan dengan gunung sidoramping pusat mata air.

“Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan ikhlas guna menjaga keselamatan masyarakat Magetan dari bencana banjir dan longsor serta perhatikan faktor keamanan,”pungkasnya.

Pos terkait