Dinas Perikanan dan TP PKK Rohil Adakan Lomba Masak Serba Ikan

Beritatrends, Rohil –– Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bersama Tim Penggerak PKK Rohil menyelenggarakan lomba memasak serba ikan, Senin ( 12/8/2024) di Depan Kantor Dekranasda Jalan Aman Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau.

Lomba memasak serba ikan yang di ikuti TP PKK Kecamatan SE Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 18 Kecamatan di buka secara Resmi Bupati Rohil yang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Fauzi Efrizal. Acara juga di hadiri Asisten II Muhammad Nur Hidayat, Kepala Dinas Perikatan M.Amin, perwakilan Kejaksaan, Perwakilan Polres Rohil, Ketua DWP Rohil, Perwakilan Bhayangkari, Perwakilan Dharmakarini, Camat serta TP PKK SE Rohil serta jajaran pejabat fungsional dinas perikanan lainnya.

Sekda Fauzi Efrizal dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dan salam takzim dari Bupati Rohil Afrizal Sintong yang berhalangan hadir di acara Lomba masak serba ikan yang seyogyanya dibuka oleh Bupati. Namun karena ada sesuatu hal untuk menghadiri undangan Presiden RI di IKN terkait pelaksanaan upacara HUT RI di IKN Penajam Kalimantan Timur maka Bupati mewakilkan pembukaan acara Lomba Masak serba ikan ini kepada sekretaris daerah.

” Sebelumnya saya menyampaikan permohonan maaf pak Bupati berhalangan hadir karena harus berangkat ke Kalimantan untuk memenuhi undangan IKN Pak Jokowi Presiden Republik Indonesia karena besok ada acara pertemuan dengan para Kepala Daerah Bupati/ Walikota Gubernur se-indonesia di IKN dalam rangka membahas pelaksanaan perayaan HUT 17 Agustus 2024,” kata Sekda.

Lanjutnya,” hari ini kita berkumpul untuk memadupadankan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan Rohil melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi. Izinkan saya menyampaikan sambutan Bupati Rohil Afrizal Sintong pada acara lomba masak serba ikan ini,” kata Fauzi Efrizal saat membacakan sambutan Bupati Rohil.

Baca Juga  Kasrem 043/Gatam Ikuti Video Teleconverence Rakornas Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022

Dijelaskan nya, ntuk membangun sesuatu yang besar tentu harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

” Agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan, tetapi juga mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik. Asupan makanan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak. Ikan merupakan salah satu makanan yang halal dan kehalalan makanan sangat berpengaruh terhadap mental dan perilaku atau akhlak anak,” terangnya.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Rokan Hilir terang Fauzi Efrizal, maka membudayakan makan ikan di kalangan anak-anak dan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman dan sehat dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

” Terkait lomba masak serba ikan ini, kita sama-sama menyadari bahwa konsumsi sehari-hari kita senantiasa dikaitkan dengan protein, karena protein merupakan unsur pembangun dari ketiga triguna makanan. WNPG (Widyarka Nasional Pangan dan Gizi) merekomendasikan angka kecukupan gizi perkapita perhari = 57 gram protein perkapita perhari yang harus kita penuhi.”

” Kita berharap masyarakat Rohil menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari kita, tentu dibutuhkan kreativitas agar ikan yang kita konsumsi setidaknya memenuhinya norma dan standar angka kecukupan gizi serta menjadi menu makanan yang enak dan menu andalan keluarga. Melalui kegiatan lomba menu berbahan dasar ikan mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik,” harap Fauzi Efrizal

Baca Juga  DPD HIPAKAD Provinsi Lampung Rapat Koordinasi Jelang Kegiatan Bhakti sosial Tali Asih Ramadhan 2022

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Rohil Muhammad Amin menyampaikan ucapan terimakasih atas semua undanganbyang hadir pada acara Lomba Masak Serba Ikan Rohil Tahun 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *