Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang Edukasi Pelajar Siaga Bencana Melalui TMS

Dinas Sosial PPPA kabupaten Sampang bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang kembali mengelar kegiatan serupa di SMK Negeri 1 Tambelangan Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Madura. Kamis (29/09/2022).

Beritatrends, Sampang – Upaya membangun dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana sejak dini terus dilakukan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Sampang dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang mitigasi dan kesiapsiagaan bencana melalui program Tagana Masuk Sekolah (TMS).

Setelah sukses menggelar TMS di 3 tempat yang berbeda termasuk di kepulauan Mandangin beberapa hari yang lalu, hari ini Dinas Sosial PPPA kabupaten Sampang bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang kembali mengelar kegiatan serupa di SMK Negeri 1 Tambelangan Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Madura. Kamis (29/09/2022).

Sebanyak 50 siswa dan siswi perwakilan dari beberapa sekolah yang ada di kecamatan tersebut mendapatkan materi tentang kebencanaan mulai dari pengenalan jenis bencana, potensi bencana, mitigasi bencana serta tanggap darurat bencana. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan materi simulasi bagaimana cara menyelamatkan diri dan menolong orang lain ketika terjadi bencana.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang, Erwin Elmi Syahrial, ST, MT, mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan Tagana Masuk sekolah mengacu pada surat edaran bersama menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 4 tahun 2019 dan Menteri Sosial RI nomor 1 tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan di satuan pendidikan melalui program Tagana Masuk Sekolah (TMS).

” Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya memperkenalkan bencana kepada para pelajar agar mereka selalu sigap dan tanggap terhadap kemungkinan adanya bencana” jelasnya.

Masih menurut Erwin, bahwa kegiatan TMS ini telah menjadi program rutin Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang dalam upaya membangun kesiapsiagaan bencana para pelajar sehingga menjadi pelajar yang tangguh yang tidak hanya mampu menyelamatkan dirinya saat terjadi bencana, tetapi diharapkan juga mampu menolong orang lain yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sekretaris Dinas Sosial PPPA kabupaten Sampang Asrul Sani, S.KM, M.Kes dalam sambutannya berharap bahwa melalui kegiatan TMS ini para peserta memiliki wawasan mengenai potensi bencana dan penanggulangan bencana sehingga bisa melakukan berbagai upaya untuk menghindari dan mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kejadian bencana. ” Kami harap adik-adik tetap focus dalam menerima materi dari para nara sumber sehingga apa yang kita dapatkan hari ini menjadi bekal berharga untuk kesiapsiagaan jika suatu saat terjadi bencana di sekitar kita” katanya dihadapan para peserta.

Sekretaris Dinsos PPPA Sampang saat membuka TMS di SMKN 1 Tambelangan

Sementara itu wakil Kepala SMKN 1 Tambelangan Moh. Junaedi S.Pd memberikan respon positif adanya program TMS ini .

“Terima kasih kepada Dinas Sosial PPPA yang telah melaksanakan kegiatan TMS di sekolah kami. Ini program yang sangat bagus dan kami berharap dari kegiatan ini nantinya ada kerjasama program lanjutan terkait dengan program kebencanaan” pintanya.

Melisa, salah satu perwakilan peserta dari SMKN 1 Tambelangan menyampaikan berterima kasih atas terselenggaranya program TMS ini.

” Kami menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial dan BPBD yang telah memberikan edukasi tentang mitigasi bencana,
kesiapsiagaan bencana dan simulasi bencana. Kegiatan ini sangat penting dan menjadi bekal berharga untuk menjadikan pelajar yang siaga bencana,” tuturnya.

Pos terkait