Festival Budaya Lintas Agama FKUB Magetan

Pagelaran budaya lintas agama ini menampilkan beberapa pertunjukan seni dari berbagai komunitas

Beritatrends, Magetan – FKUB Magetan menggelar Festival Budaya Lintas Agama, bertempat di halaman Gor Ki Mageti Magetan, Jumat (28/10/2022) malam. Festival ini sekaligus menandai ditutupnya pasar rakyat dalam rangka Hari Jadi Ke-347 Kabupaten Magetan, rangkaian peringatan hari santri tahun 2022 dan menyongsong 1 Abad NU.

Pagelaran budaya lintas agama ini menampilkan beberapa pertunjukan seni dari berbagai komunitas. Kelompok yang tampil antara lain pertunjukan barongsai (Konghucu), pertunjukan Tongkling (Budha), Tari Remo (Hindu), Koor (Kristen), Panembromo (Katolik), Hadroh Sholawat (Islam).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Magetan, Kapolres Magetan, Perwakilan Forkopimda, FKUB, Ketua GP Ansor Magetan, dan undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati Magetan Suprawoto memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Magetan ini.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kreativitas dan inovasi oleh FKUB. Ibarat kata singa ketemu singa tidak bertengkar, menunjukkan budaya meleburkan perbedaan. Suku agama apapun hidup rukun di Magetan, mari kita rawat bersama, semoga Magetan menjadi miniatur kebangkitan kerukunan
umat beragama,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan kegiatan ini bisa membangkitkan ekonomi kembali. Menurutnya semua kegiatan harus mendatangkan dan
menggerakkan ekonomi masyarakat. Semua organisasi harus bersatu padu menggerakkan ekonomi di Magetan, karena hari jadi milik masyarakat Magetan.

“Kita itu terlahir di Magetan, tumbuh, minum air, bekerja di Magetan, hidup di sini, kalau kita bertengkar itu alasannya apa,” pesannya.

Pos terkait